Round Up

Jejak Perkara Penusuk Syekh Ali Jaber hingga Duduk di Kursi Terdakwa

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 05:34 WIB
Ali Saleh Mohammed Ali Jaber
Syekh Ali Jaber (Foto: Lintang Jati Rahina / 20detik)
Jakarta -

Pendakwah Syekh Ali Jaber mengalami luka tusuk akibat ditusuk orang tak dikenal pada September lalu di Lampung. Kini pelaku tersebut yang diketahui bernama Alpin Andrian (AA) mulai menjalani sidang kasus dugaan penusukan Syekh Ali Jaber.

Alpin didakwa dengan pasal percobaan pembunuhan berencana oleh jaksa. Kasus itu bermula saat Ali Jaber mengisi tausiah dengan judul memperbaiki hati, di kelurahan suka jawa, kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.

Pelaku menusuk Syekh Ali Jaber saat akan berfoto bersama dengan jemaah. Awalnya pelaku mengarahkan senjata tajam ke bagian leher Syekh Ali Jaber, tetapi akhirnya senjata tersebut mengenai tangannya.

"Ketika saya ditusuk dan alhamdulillah tidak berhasil ditusuk di bagian leher. Tapi saya dengan gerakan dan qadarullah ditusuk tangan saya," kata Ali Jaber saat dihubungi detikcom, Senin (14/9/2020).

Dia mengatakan, setelah melakukan penyerangan, pelaku ingin kabur. Namun pelaku ditahan jemaah.

Para jemaah juga sempat meluapkan kemarahan kepada pelaku. Saat itu Syekh Ali Jaber turun panggung. Dia tak ingin para jemaah terbawa emosi.

"(Pelaku) mau melarikan diri tapi sudah ditahan oleh jamaah, dan ketika saya turun panggung justru saya ikut menyelamatkan sampai dihajar juga atau dilukai luka yang berat. Saya turun ke jemaah dan saya menahan emosi jemaah jangan, kasihan dia," ucap dia.

Syekh Ali Jaber menaruh empati kepada pelaku yang menyerangnya. Dia tak setuju penyelesaian masalah dengan kekerasan. Dia juga mendoakan pelaku diampuni Allah.

"Sebagai manusia mohon jangan diberlakukan, dan terjadi musibah nanti lebih besar. Kalau kita mau selesaikan musibah jangan musibah yang lebih besar. Makanya jelas saya ikut selamatkan, dan saya minta sama jemaah tolong dibawa ke ruang diamankan sampai kedatangan aparat keamanan, membawa polisi," ujarnya.

Berikut perjalanan kasus pelaku penusukan Syekh Ali Jaber dari ditangkap polisi hingga disidangkan. Selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5