Saksi Cerita Antar Tommy Sumardi Ambil Amplop dan Serahkan ke Prasetijo

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 14:35 WIB
Tommy Sumardi, mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC). Tommy menilai dirinya pantas mengajukan JC karena telah mengungkap kebenaran.
Tommy Sumardi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Saksi Supiadi mengakui mengantar Tommy Sumardi mengambil amplop di sebuah restoran. Setelah itu, Supiadi mengaku mengantar Tommy Sumardi menyerahkan amplop tersebut kepada seseorang di sekitar gedung Transnational Crime Center (TNCC) Polri, yang diketahui merupakan kantor Brigjen Prasetijo Utomo.

Keterangan itu disampaikan Supiadi saat menjadi saksi dalam sidang kasus suap red notice Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (19/11/2020). Supiadi merupakan teman Tommy Sumardi.

Supiadi mengatakan pernah tiga kali mengantar Tommy Sumardi ke Restoran Merah Delima. Menurutnya, Tommy Sumardi datang ke restoran itu untuk suatu keperluan.

"Menemui seseorang," kata Supiadi.

"Bertemu di rumah makan apa tetap di atas mobil?" tanya jaksa.

"Tetap di mobil. Awalnya saya tidak kenal, (menemui) laki-laki naik motor pakai jaket," jawab Supiadi.

Jaksa kemudian meminta Supiadi menjelaskan secara detail kronologi pertemuan di Restoran Merah Delima itu. Ia menjelaskan di restoran itu Tommy Sumardi menemui seseorang untuk mengambil amplop warna cokelat.

"Peristiwanya setahu saya sampai di Merah Delima kita berhenti. Awalnya itu tunggu, dan kemudian datang orang laki. Waktu itu belum saling tahu, Pak Tommy meminta untuk dim. Terus laki-laki itu samperin mobil dan saya arahkan ke tempat Pak Tommy duduk di tengah. Setelah dibuka kaca dan menyerahkan sebuah map warna cokelat, eh amplop," ujar Supiadi.

Tonton video 'Terungkap, Tommy Sumardi Sempat Bertemu Irjen Napoleon Bawa Paper Bag':

[Gambas:Video 20detik]



Amplop itulah yang kemudian diberikan kepada Prasetijo. Baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2