Ustaz Das'ad Bubarkan Jemaah demi Cegah Corona, Muhammadiyah: Jadi Contoh

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 08:05 WIB
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Muti
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Muhammadiyah memuji sikap Ustaz Das'ad Latif di Kalimantan Timur (Kaltim) yang membubarkan jemaah yang berkerumun untuk mendengarkan tausiah demi mencegah COVID-19. Sikap itu dinilai bisa menjadi contoh menerapkan ajaran Islam.

"Apa yang dilakukan oleh Ustaz Das'ad bisa menjadi contoh bagaimana melaksanakan ajaran Islam," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti kepada wartawan, Kamis (19/11/2020).

Abdul Mu'ti mengatakan mematuhi protokol kesehatan merupakan bagian dari ajaran Islam. Dia menyebut Islam mengajarkan agar umat beriman mematuhi ulil amri.

"Mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah adalah bagian dari ajaran Islam. Pertama, di dalam Al-Qur'an disebutkan agar kaum beriman mematuhi ulil amri. Termasuk ulil amri adalah pemerintah," ujarnya.

Abdul Mu'ti mengatakan wajib hukumnya mematuhi pemerintah sepanjang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Selain itu, kata Abdul Mu'ti, Islam melarang perbuatan yang mendatangkan bahaya.

"Sepanjang aturannya tidak bertentangan dengan Islam, mematuhi pemerintah hukumnya wajib. Kedua, Islam melarang umatnya melakukan perbuatan atau kegiatan yang mendatangkan mafsadat (kerusakan, marabahaya), baik diri sendiri maupun orang lain," tuturnya.

Sebelumnya, Ustaz Das'ad Latif membubarkan jemaahnya di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim), yang berkumpul untuk mendengarkan tausiah. Ustaz Das'ad tidak menduga ada begitu banyak jemaah yang datang.

Dia lalu membubarkan jemaah demi mencegah terjadinya penularan virus Corona (COVID-19). Ustaz Das'ad mengungkapkan awalnya dia diundang untuk mengisi ceramah di acara keluarga yang hendak menggelar akikah untuk bayinya. Undangan itu datang kepadanya pada Oktober lalu.

Simak video 'Ustaz Das'ad Bubarkan Jemaah yang Membeludak Demi Cegah Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana cerita lengkap Ustaz Das'ad membubarkan jemaah demi COVID-19? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2