Round-Up

Apresiasi untuk Ustaz Das'ad yang Bubarkan Massa Pengajiannya Sendiri

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 21:31 WIB
Video ceramah Ustaz Dasad Latif yang berjudul Panitia Hari Kiamat menjadi viral di media sosial. Sang ustaz diketahui berasal dari Sulawesi Selatan.
Ustaz Das'ad Latif (Foto: dok. Pribadi)
Kabupaten Paser -

Ustaz Das'ad Latif, yang membubarkan massa pengajiannya yang membeludak, diacungi jempol. Aksi Ustaz Das'ad ini dianggap sebagai bentuk pencegahan virus Corona (COVID-19).

Pujian tersebut disampaikan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membidangi urusan keagamaan. Komisi VIII DPR menilai Ustaz Das'ad mengutamakan keselamatan masyarakat dengan membubarkan kerumunan di acara pengajiannya.

"Sikap Ustaz Das'ad ini merupakan langkah yang sangat terpuji di tengah pencegahan COVID-19. Ustaz Das'ad ini lebih mengutamakan keselamatan masyarakat dibandingkan dengan popularitas dirinya untuk mendapatkan pujian langsung dari umat," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily, Rabu (18/11/2020).

Ace menyebut Ustaz Das'ad mengedepankan prinsip menghindari kerusakan. Dia berharap para penceramah lain bisa mengikuti langkah Ustaz Das'ad.

"Ustaz Das'ad mengamalkan prinsip mengutamakan untuk menghindari kemafsadatan (kerusakan) daripada mendapatkan kemaslahatan, dar'ul mafasid muqodamun ala jalbil mashalih," ujar Ace.

"Langkah Ustaz Das'ad itu harus diikuti oleh ustaz dan penceramah lainnya. Kita harus mementingkan kesehatan dan keselamatan warga," imbuh politikus Golkar ini.


Video Ustaz Das'ad yang membubarkan massa pengajiannya viral di media sosial. Seperti apa ceritanya?

Selanjutnya
Halaman
1 2