4 Fraksi Menolak, Kelanjutan Nasib RUU Ketahanan Keluarga Belum Diputuskan

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 19:01 WIB
Menjelang aksi 22 Mei, penjagaan di gedung DPR/MPR/DPD diperketat. Sejumlah petugas dari TNI dan kepolisian berjaga di pintu masuk. Gerbang depan juga digembok.
Gedung DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Badan Legislasi (Baleg) DPR menunda pengambilan keputusan terkait tahap harmonisasi RUU Ketahanan Keluarga. Penundaan itu dikarenakan sikap fraksi di DPR masih seimbang.

"Pengambilan keputusan terhadap pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsep RUU Ketahanan Keluarga, pengambilan keputusannya ditunda. Tidak dilakukan pada hari ini," kata Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi dalam rapat Baleg di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Dalam rapat, ada empat fraksi yang menolak pengambilan keputusan dilanjutkan, yakni PDIP, Golkar, Demokrat, dan PKB. Sedangkan Gerindra, PKS, PAN, dan PPP menyatakan setuju dengan beberapa catatan.

Sedangkan satu fraksi lain, yaitu NasDem, belum menentukan sikap dan meminta RUU kembali diperdalam. Sempat terjadi lobi-lobi dalam rapat, namun NasDem, kata Awiek, masih membutuhkan waktu untuk menentukan sikap.

"Setelah kami melakukan lobi-lobi politik dengan pimpinan fraksi-fraksi yang hadir tadi di ruang pimpinan, untuk sementara waktu dari Fraksi NasDem masih meminta waktu belum bisa mengambil keputusan hari ini dan kita hormati itu," ujarnya.

Awiek berharap, selama proses penundaan ini, seluruh pengusul dapat meyakinkan seluruh fraksi terkait RUU Ketahanan Keluarga, sehingga keputusan nantinya tidak akan berubah.

"Pimpinan fraksi memberikan kesempatan kepada para pengusul untuk meyakinkan kembali, memberikan waktu meyakinkan kembali kepada fraksi-fraksi tentu dengan posisi terakhir sikap yang tadi tidak berubah," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2