Beruang Madu Muncul di Kelok 44 Agam Resahkan Warga, Perangkap Dipasang

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 20:13 WIB
BKSDA Agam memasang perangkap untuk menangkap beruang madu yang beberapa kali muncul di Kelok 44 dan resahkan warga (dok Istimewa)
BKSDA Agam memasang perangkap untuk menangkap beruang madu yang beberapa kali muncul di Kelok 44 dan meresahkan warga. (dok Istimewa)
Padang -

Seekor beruang madu beberapa kali terlihat muncul di kawasan Kelok 44 di kawasan Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Beruang madu tersebut menampakkan diri mulai dari pinggir jalan raya, lahan persawahan warga, hingga pohon durian.

Kepala BKSDA Sumbar Resort Agam, Ade Putra, mengaku pihaknya mendapat laporan dari warga yang menyaksikan penampakan seekor beruang madu (Herlactos malayanus) di daerah itu. Kelok 44 (Ampek Puluah Ampek) merupakan salah satu lokasi tanjakan dan penurunan dari dan menuju Danau Maninjau.

Beruang madu tersebut terlihat di atas pohon tengah memakan durian di Kelok 42. Karena merasa terancam oleh keberadaan manusia, beruang madu tersebut kemudian lari ke dalam hutan.

"Ada warga yang melihat beruang madu sedang di pohon sedang makan durian di kawasan Kelok 44," kata Ade Putra kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Petugas BKSDA Agam sudah melakukan pengecekan di lokasi dan menemukan sejumlah jejak dan cakaran di batang pohon durian.

"kita juga siapkan perangkap agar tidak terjadi konflik dengan warga sekitar," kata Ade.

Ia merinci, beruang madu yang sama juga pernah menampakkan diri di pinggir jalan, awal Oktober lalu. saat itu, salah seorang warga sempat merekam beruang madu tersebut hendak menyeberang jalan.

"Ada kemungkinan beruang yang sama. Kita akan memasang perangkap supaya dapat mengamankannya dari warga," kata Ade.

(jbr/jbr)