Gempa M 6 Terasa Cukup Kuat di Kepulauan Mentawai, Tak Ada Rumah Rusak

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 10:28 WIB
Suasana di Kepulauan Mentawai pascagempa M 6,3 di laut pada jarak 109 km barat laut Tuapejat (Jeka Kampai/detikcom)
Suasana di Kepulauan Mentawai pascagempa M 6,3 di laut pada jarak 109 km barat laut Tuapejat. (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Gempa bumi magnitudo (M) 6 (sebelum dimutakhirkan M 6,3) terjadi di laut pada 112 km barat daya Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Sejumlah lokasi di Kepulauan Mentawai dilaporkan dalam kondisi aman.

Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabaleake, mengatakan getaran dampak gempa dirasakan di sejumlah lokasi. Dia mengatakan sejauh ini kondisi di wilayahnya masih aman.

"Tuapejat, Pagai Utara, dan Pagai Selatan masih dalam keadaan aman dan terkendali. Info Sipura, Pagai Utara, Sikakap, dan Sagulubek terasa guncangan tapi aman," kata Kortanius kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Dia mengatakan, meski guncangan dirasakan kuat, dilaporkan tak ada kerusakan. Sejumlah warga sempat keluar dari rumah saat gempa terjadi.

Suasana di Kepulauan Mentawai pascagempa M 6,3 di laut pada jarak 109 km barat laut Tuapejat (Jeka Kampai/detikcom)Dilaporkan tak ada bangunan rusak di Kepulauan Mentawai pascagempa M 6 di laut pada jarak 109 km barat laut Tuapejat. (Jeka Kampai/detikcom)

"Puji Tuhan saya sudah konfirmasi di Kecamatan Pagai Selatan, Sikakap, Pagai Utara, Sipora Selatan, Sipora Utara, dan Siberut Barat Daya, memang di daerah pantai barat cukup terasa goyangan gempanya, tetapi tidak ada yang menyebabkan kerusakan rumah masyarakat, dan sebagian sempat keluar dari rumah," ungkapnya.

Sebagai informasi, Kepulauan Mentawai berlokasi di sebelah barat Pulau Sumatera. Kepulauan ini sudah masuk kawasan Samudera Hindia.

BMKG melaporkan gempa M6,3 terjadi pada pukul 08.44 WIB. Pusat gempa ada di laut pada koordinat 2,87 Lintang Selatan dan 99,07 Bujur Timur.

Gempa ini tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Pusat gempa ada di kedalaman 10 km.

Bagaimana dampak guncangan gempa ini?

Selanjutnya
Halaman
1 2