Diminta Evaluasi Pembukaan MTQ Nasional, Ini Tanggapan Pemprov Sumbar

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 10:38 WIB
MTQ Nasional ke-28
Suasana pembukaan MTQ Nasional ke-28 di Padang (Foto: Pemprov Sumbar)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menanggapi kritik Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade soal pembukaan MTQ Nasional ke-28 di Main Stadium, Padang Pariaman. Pemprov Sumbar menyatakan protokol kesehatan sudah diupayakan untuk diterapkan dalam acara pembukaan itu.

"Pembukaan MTQ yang dilaksanakan kemarin secara umum berjalan lancar dan aman dihadiri oleh Presiden secara virtual. Panitia sudah menerapkan protokol kesehatan dengan membuat jarak pada tempat duduk yaitu jarak 2 kursi dan setiap yang hadir harus pakai masker," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Hefdi, kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Hefdi mengatakan upaya penerapan protokol kesehatan juga diterapkan kepada pengisi acara. Dia menyebut soal jumlah penari yang dikurangi.

"Dari sisi pelaksanaan seperti penari sudah dikurangi dari 800 orang yang direncanakan menjadi 150 orang saja sebagai wujud penerapan protokol kesehatan," kata dia.

Menurutnya, pembukaan MTQ menarik banyak perhatian warga untuk datang. Dia mengatakan hal tersebut tak bisa dibendung meski penyelenggara acara juga sudah mengimbau masyarakat untuk menyaksikan dari rumah saja.

"Antusias warga yang ingin melihat secara langsung memang luar biasa, kami telah melakukan imbauan untuk melihat di media elektronik saja dan kita telah arahkan masyarakat yang ingin melihat langsung ke tempat sayap kanan dan kiri serta atas yang masih kosong," ujar dia.

Hefdi mengakui lokasi acara belum siap 100%, namun dia memastikan stadium utama sudah bisa dipakai untuk menggelar acara pembukaan. Kekurangan yang ada sekarang, sambungnya, akan diperbaiki pada penyelenggaraan acara selanjutnya.

"Untuk acara berikutnya yaitu perlombaan di beberapa venue dan penutupan nantinya akan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Tidak ada gading yang tidak retak. Tidak ada yang sempurna di dunia ini," katanya.

Sebelumnya Andre mengkritik panitia MTQ Nasional ke-28 di Sumbar. Apa kata Andre?

Selanjutnya
Halaman
1 2