Guncangan Gempa M 6,3 Terasa Kuat di Padang, Warga Lari ke Luar Rumah

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 09:30 WIB
Suasana di Padang pasca terjadi gempa M 6,3 di laut pada jarak 109 km barat laut Tuapejat (Jeka Kampai/detikcom)
Suasana di Padang setelah terjadi gempa M 6,3 di laut pada jarak 109 km barat laut Tuapejat. (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Gempa bumi magnitudo (M) 6,3 terjadi di laut pada jarak 109 km barat daya Tuapejat, Sumatera Barat (Sumbar). Guncangan gempa dirasakan kuat di Padang.

Pantauan detikcom, Selasa (17/11/2020), guncangan gempa sempat membuat masyarakat panik. Masyarakat segera keluar dari rumah masing-masing ketika gempa terjadi.

Terlihat raut muka warga ketakutan ketiga terjadi guncangan gempa.

Getaran gempa dirasakan dan berlangsung sekitar 1 menit. Getaran gempa pun membuat tiang serta kabel listrik di jalan raya bergoyang.

Namun, per pukul 09.09 WIB, masyarakat sudah mulai tenang. Belum ada laporan resmi dari BPBD terkait dampak kerusakan atas gempa ini.

Diberitakan sebelumnya gempa terjadi pada pukul 08.44 WIB. Pusat gempa ada di laut pada koordinat 2,87 Lintang Selatan dan 99,07 Bujur Timur.

Gempa ini tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Pusat gempa ada di kedalaman 10 km.

Selain Padang, BMKG melaporkan gempa dirasakan di Painan. Di dua lokasi ini, getaran gempa tercatat skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III-IV, yang artinya gempa dirasakan nyata di dalam rumah seperti ada truk melintas.

BMKG melaporkan gempa juga dirasakan dalam intensitas lebih rendah di Solok, Padang Panjang, Bukittinggi, Pariaman, yakni pada skala II-III MMI, yang artinya getaran gempa dirasakan beberapa orang dan membuat benda yang digantung bergoyang.

(jbr/imk)