Selundupkan Sabu ke Lapas Mataram Lewat Cup Mi, Pria Berjaket Ojol Dibekuk

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 10:43 WIB
Mataram -

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Mataram menggagalkan upaya penyelundupan sabu. Sabu tersebut berupaya diselundupkan seorang yang berpenampilan bak pengendara ojek online (ojol).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Barat, Dwi Nastiti, mengatakan petugas menggagalkan upaya penyelundupan sabu berawal dari kecurigaan.

"Terdapat upaya penyelundupan narkotika di Lapas Mataram namun petugas kami dengan cepat melakukan langkah deteksi dini sehingga berhasil digagalkan. Baik orang maupun barang haram tersebut sudah kami serahkan ke kepolisian sebagai wujud sinergi dan komitmen kami melawan peredaran narkotika," ujar Nastiti dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

Foto: Petugas Lapas Kelas IIA Mataram menggagalkan upaya penyelundupan sabu yang dibawa seseorang yang berpenampilan bak pengendara ojol (dok Ditjen Pas)Sabu dimasukkan ke dalam cup mi instan (dok Ditjen Pas)

Upaya penyelundupan sabu itu terjadi pada Minggu (15/11) kemarin. Sabu seberat 100 gram diamankan dari tangan pengendara ojol tersebut.

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Mataram Muhamad Susanni mengungkapkan kejadian bermula saat seorang pengendara ojol mendatangi lapas pukul 15.49 Wita. Driver ojol tersebut bermaksud mengirimkan makanan kepada salah satu petugas.

"Namun ketika dilakukan konfirmasi, petugas tersebut merasa tidak memesan makanan melalui ojek online. Sebagai langkah tindak lanjut, pengendara ojek online tersebut diperbolehkan masuk ke dalam area portir dan barang bawaan tersebut digeledah oleh petugas penjaga pintu utama. Penggeledahan juga disaksikan komandan dan anggota jaga di hadapan pengendara ojek online," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2