Dramatis! Begini Proses Evakuasi Hiu Paus Terdampar di Lombok NTB

Faruk - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 19:26 WIB
Proses dramatis evakuasi hiu paus yang terdampar di Lombok Barat, NTB (dok Istimewa)
Proses dramatis evakuasi hiu paus yang terdampar di Lombok Barat, NTB. (dok Istimewa)
Lombok -

Seekor hiu paus terdampar di kawasan wisata Mangrove Bagik Kembar Madak Belik, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Proses evakuasi pun berlangsung dramatis.

Ikan hiu paus tersebut pertama kali ditemukan oleh Agus, salah seorang warga yang tengah menanam pohon mangrove pada Jumat (13/11/2020). Polisi yang mendapatkan laporan langsung menuju lokasi penemuan untuk menghalau warga agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan pada hewan biota laut yang dilindungi itu.

"Berawal informasi bahwa di Lokasi Wisata Mangrove Bagik Kembar Dusun Madak belik, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong telah terdampar seekor hiu paus," ungkap Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, dalam keterangannya kepada detikcom.

"Masyarakat di lokasi sepakat untuk dilakukan penyelamatan, mengingat ikan hiu paus ini merupakan salah satu spesies ikan yang langka dan dilindungi," tambahnya.

Proses dramatis evakuasi hiu paus yang terdampar di Lombok Barat, NTB (dok Istimewa)Foto: dok Istimewa

Saat dilakukan evakuasi dan penyelamatan oleh warga, ikan hiu paus yang diperkirakan memiliki lebar sekitar 1 meter dengan panjang mencapai 5 meter itu sudah dalam keadaan tak berdaya dan sempat dikira sudah mati.

"Warga secara sukarela berinisiatif melakukan penyelamatan, namun saat berusaha menarik hiu paus tersebut ke tengah, hiu paus tersebut malah kembali ke pinggir dan kondisinya yang sudah mulai dalam keadaan lemas," ujarnya.

Khawatir dengan kondisinya, Kapolsek Sekotong kemudian berkoordinasi dengan Sat Polairud Polres Lobar dan Balai Konservasi Perlindungan Biota Laut (BPSPL).

Selanjutnya
Halaman
1 2