Baleg DPR Usul ke Pemerintah Kurangi Jumlah Prolegnas Prioritas 2021

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 17:52 WIB
Supratman Andi Agtas (Rahel-detikcom)
Supratman Andi Agtas (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI sedang melakukan pembahasan untuk menetapkan Prolegnas Prioritas Tahun 2021. Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas menegaskan Prolegnas Prioritas tahun 2021 akan mengalami sedikit perubahan dari tahun 2020, yaitu ada pengurangan RUU yang bakal dibahas.

"Prolegnas Prioritas 2021 pasti tidak akan banyak berubah dari prioritas 2020," kata Supratman kepada wartawan, Jumat (13/11/2020).

"Tetapi, beberapa kemarin kami rapat informal bersama Menkumham kami coba melihat supaya lebih realistis. Di Rapat Baleg kemarin saya sampaikan, kalau boleh 37 dikurangi dengan beberapa RUU yang sudah selesai termasuk RUU yang carry over, apakah itu RUU Pemasyarakatan, Revisi KUHP," sambungnya.

Supratman menjelaskan DPR bersama pemerintah sudah memiliki 37 RUU Prolegnas Prioritas Tahun 2020. Menurutnya, dari jumlah tersebut akan mengalami sejumlah pengurangan RUU yang masuk ke Prolegnas Prioritas 2021.

"Kemarin 37 (RUU) bersama Pemerintah, tapi kita sudah sepakat bersama Pemerintah kita kurangi jumlah itu. Tapi berapa persisnya hari Rabu akan ketahuan," ujarnya.

Namun, Supratman masih belum mau mengatakan berapa jumlah persis dari RUU yang akan menjadi Prolegnas Prioritas 2021. Penetapan terkait hal itu akan diputuskan dalam rapat kerja Baleg DPR pada Rabu (18/11) mendatang.

"(Rabu) Sudah raker, dan itu (Rabu) sudah pengambilan keputusan. Setelah itu kemudian dibawa ke Rapur terdekat untuk disahkan menjadi prioritas 2021," ujar Supratman.

Selain itu terkait RUU Penghapusan Kekerasan Seksual P-KS, Supratman menyebut semua fraksi sudah bulat mengusulkan RUU tersebut untuk dibahas dalam Prolegnas Prioritas 2021. Menurutnya, Baleg DPR RI juga masih akan menunggu masukan dari pemerintah dan DPD RI.

"Kalau RUU P-KS sudah ada yang mengusulkan, tapi nanti akan kita lihat pemerintah seperti apa, DPD seperti apa, tapi di fraksi itu sudah hampir semua bulat kok mengusulkan (RUU) P-KS," ujarnya.

Sebelumnya DPR mengesahkan Prolegnas Prioritas ada 37 RUU, apa saja? Ini daftarnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2