Korupsi Rp 136 Juta, Eks Dirut RSUD Rasidin Padang Dihukum 6 Tahun Penjara

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 15:55 WIB
Palu Hakim Ilustrasi
Foto: Ilustrasi palu hakim. (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta -

Pengadilan Tinggi (PT) Padang menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara kepada mantan Dirut RSUD Rasidin, dr A. Putusan itu didasarkan pada Peraturan Mahkamah Agung (MA) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Matrik Pemidanaan Kasus Korupsi.

Hal itu tertuang dalam Putusan PT Padang yang dilansir website Mahkamah Agung (MA), Kamis (12/11/2020). Kasus bermula saat RSUD dr Rasidin mengajukan alokasi anggaran alat kesehatan hingga ambulans ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebesar Rp 110 miliar pada 2012.

Usulan itu ditindaklanjuti dengan menurunkan anggaran melalui Pemkot Padang. Kemudian dibuatlah panitia lelang yang diikuti sejumlah perusahaan.

Ternyata dalam proses lelang itu, terjadi patgulipat sehingga berbuntut panjang. Para pihak yang diduga terlibat akhirnya dimintai pertanggungjawaban di depan hukum, termasuk dr A.

Pada 29 Juli 2020, Pengadilan Negeri (PN) Padang menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara kepda dr A. Selain itu, dr A juga diwajibkan membayar denda Rp 200 juta subsidair 6 bulan kurungan. dr A juga diwajibkan mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 136 juta.

Atas hal itu, dr A tidak terima dan mengajukan banding. Tapi apa kata majelis tinggi?

"Memperbaiki Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang dimintakan banding sekedar mengenai jumlah pidana pokok denda. Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwadr dengan pidana penjara selama 6 tahun dan denda sebesar Rp 300 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan," ujar majelis.

dr A juga tetap diwajibkan mengembalikan uang dikorupsinya sebesar Rp 136 juta. Uang itu dibayarkan ke negara paling lama dalam waktu 1 bulan sesudah putusan ini berkekuatan hukum tetap. Jika tidak membayar maka harta benda dr A disita dan dilelang oleh Jaksa untuk menutupi uang pengganti tersebut. Dalam hal Terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi, maka dipidana dengan pidana penjara selama 1 tahun.

Pertimbangan majelis hakim atas hukuman dr A. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2