Timses Anak Bupati Pelalawan Akui di Kos Pengedar 20 Kg Sabu Ada APK Golkar

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 15:40 WIB
Konferensi Pers pengungkapan kasus narkoba oleh Polda Riau (Chaidir-detikcom)
Konferensi Pers pengungkapan kasus narkoba oleh Polda Riau. (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru -

Tim sukses Paslon Adi Sukemi-Rais di Pilkada Pelalawan mengakui adanya sembako dan APK Golkar di rumah kost tersangka pengedar 20 kg sabu, Simon Siahaan. Namun APK itu belum dibagikan ke warga.

"Kita akui memang ada APK (alat peraga kampanye) Golkar di rumah kos Simon itu (tersangka narkoba 20 kg sabu). Di sana juga ada bungkusan sembako yang akan dibagikan ke warga," kata Sekretaris Tim Pemenangan Adi Sukemi-M Rais Paslon 04, Baharudin, kepada detikcom, Rabu (11/11/2020).

Sekretaris Golkar Kabupaten Pelalawan ini mengatakan bungkusan sembako yang ada di rumah kos tersangka awalnya untuk acara ulang tahun partai. Namun, setelah pihaknya berkonsultasi dengan Bawaslu, disarankan agar bungkusan sembako tersebut tidak dibagikan semasa kampanye.

"Kita awalnya untuk acara ulang tahun Golkar di Pelalawan, rencana kita akan bagi-bagi sembako ke masyarakat. Tetapi, setelah berkonsultasi dengan Bawaslu, kita dilarang untuk membagikan sehingga sembako tersebut tidak jadi kita bagikan," kata Baharudin.

Menurutnya, tersangka Simon bukan bagian dari timses anak dari Bupati Pelalawan, M Harris ini. Tersangka yang terlibat jaringan narkoba internasional ini awalnya sebagai tim survei untuk pemenangan anak bupati.

"Dia hanya tim survei awal. Tetapi, dia tidak masuk dalam relawan tim pemenangan. Dia tidak tercatat sebagai tim sukses," kata Baharudin.

Dia juga menyebutkan persoalan hukum yang dihadapi Simon Siahaan merupakan tindakan pribadi yang tidak ada sangkut pautnya dengan tim sukses.

"Ya tentunya itu menjadi urusan pribadinya, tidak ada hubungannya dengan kami," kata Baharudin.

Simak video 'Tersangka Pengedar 20 Kg Sabu Ternyata Timses Paslon Pilkada':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana awal mula kasus ini? Simak di halaman berikutnya.