Saksi Ini Diminta Menantu Nurhadi Bayar Rp 500 Juta untuk 'Urus' Perkara

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 15:07 WIB
Penyidik KPK menuntaskan penyidikan eks Sekretaris MA Nurhadi serta menantunya Rezky Herbiyono. Keduanya pun diketahui akan segera disidang.
Menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Saksi bernama Agung Dewanto mengaku pernah dimintai uang oleh menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono, sebesar Rp 500 juta. Uang itu diminta Rezky untuk mengurus perkara penipuan dengan Agung sebagai korban.

Awalnya Agung menceritakan hendak dikenalkan dengan Nurhadi, yang disebut orang 'top' dalam mengurus perkara. Namun yang datang menemui Agung itu Rezky Herbiyono di Hotel Shangri-La.

Dalam pertemuan itu, Rezky mengatakan akan membantu Agung menyelesaikan perkara Agung di mana dia menjadi korban penipuan, uangnya raib Rp 18 miliar. Di situ Agung mengaku setuju jika Rezky membantunya dengan syarat Agung tidak memberikan uang muka di awal.

Namun ternyata Rezky meminta uang Rp 500 juta dan DP Rp 250 juta di awal. Alasannya, uang itu untuk diberikan ke polisi.

"Pak Rezkynya WA saya, 'Pak, gimana, lanjut atau tidak?'. Saya bilang 'jadi dibantu nggak, Pak'. Saya bilang, 'Jadi aja, kenapa nggak dibantu? Wong saya sudah nggak punya apa-apa, kalau sampeyan bisa bantu, ya bantu aja, tapi nanti bagi hasil'. Saya bilang gitu. Saya nggak mau minta uang di depan. Setelah itu ada chat (Rezky) itu bilang minta Rp 500 juta, Rp 250 juta di depan, Rp 250 juta lainnya kalau nanti sudah agak selesai (perkara)," ungkap Agung.

"Bahasanya itu untuk apa?" tanya jaksa KPK Takdir Suhan.

Agung lanjut memberi kesaksian bahwa menantu Nurhadi terus menawarkan diri mengurus perkara bisa dilihat di halaman selanjutnya.