Saksi Cerita Awal Tahu Nurhadi 'Orang Top' yang Bisa Bantu Perkara

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 13:35 WIB
Eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi kembali diperiksa penyidik KPK. Nurhadi menjadi tersangka terkait suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA.
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Seorang saksi menceritakan awal mula dia mengenal mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan bertemu dengan menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono. Saksi menyebut saat itu dikenalkan nama Nurhadi dengan embel-embel 'orang top'.

Awalnya jaksa menghadirkan saksi bernama Agung Dewanto sebagai saksi. Agung adalah seorang wiraswasta yang mengenal Rezky Herbiyono. Agung mengaku awal mula mengenal Rezky saat dia kena tipu oleh seseorang sebesar Rp 18 miliar.

Dia menjadi korban tipu bersama Albert Jaya Saputra, yang juga dihadirkan jaksa sebagai saksi di sidang ini. Saat dia menjadi korban penipuan itu, ada seseorang bernama Devi, yang merupakan notaris Agung, menyarankan Agung bertemu dengan Nurhadi, yang disebut Devi sebagai orang 'top' yang bisa membantu menyelesaikan perkara penipuannya.

"Saya masuk di grup korban tipu-tipu, ada namanya Bu Devi bilang, 'Pak mau nggak saya tolong, ini Bapak dibantu nanti sama orang 'top'. Saya tanya, 'Siapa Bu?' kata dia, 'Wis (sudah) pokoknya ada.' Saya tanya lagi, 'Siapa dulu Bu?' kata dia, 'Ya sama Pak Nurhadi,' ya sudah," kata Agung saat bersaksi dalam sidang di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Rabu (11/11/2020).

Agung mengaku sebelumnya tidak mengenal sosok Nurhadi. Namun, akhirnya dia tahu dari media bahwa Nurhadi itu adalah Sekretaris MA.

"Tidak, saya tapi pernah dengar di media Pak Nurhadi kan Sekretaris MA," katanya.

Setelah itu, kata Agung, Devi merencanakan pertemuan dengan Nurhadi. Akhirnya disepakatilah tanggal 25 Mei 2017 di sebuah hotel.