Dinkes Bekasi Pastikan Limbah Medis Dibuang di Jalanan Alat Rapid Test

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 18:59 WIB
Limbah medis diduga bekas tes COVID-19 dibuang di pinggir jalan di Bekasi
Alat rapid test bekas dibuang di pinggir jalan di Bekasi (dok.istimewa)
Bekasi -

Warga dihebohkan dengan penemuan limbah medis di pinggir jalan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi memastikan bahwa limbah medis itu adalah alat rapid test dari klinik sebuah perusahaan di Bekasi.

"Alat rapid test ya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Maniarti ketika dihubungi detikcom, Kamis (5/11/2020).

Sri mengatakan alat rapid test itu dari sebuah klinik milik salah satu perusahaan di Kabupaten Bekasi. Namun, Sri enggan menjelaskan perusahaan mana yang bertanggungjawab atas limbah medis tersebut.

"Kalau yang dapat informasinya kan (limbah medis itu dari) klinik ya, klinik perusahaan," sambung Sri.

Terpisah, Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Suka Indah, Endang Firtana, mengatakan limbah medis itu dibuang dari sebuah kendaraan. Dari laporan saksi mata, limbah bekas tes Corona itu dibuang dari sebuah minibus.

"Info dari masyarakat (limbah medis dibuang dari) minibus, mobil pribadi," ujar Endang ketika dikonfirmasi, Kamis (5/11/2020).

Endang bercerita mulanya ada seseorang dari dalam mobil minibus itu yang membuang plastik berisi limbah medis itu. Ia membuang 2 buah plastik berisi limbah medis di pinggir jalan.

Lihat juga video 'Viral APD Dibuang ke Selokan, Polisi Gali Keterangan Saksi':

[Gambas:Video 20detik]