3 Fakta Jambret Viral di Jakarta Utara Rampas HP demi Narkoba

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 06:46 WIB
Polisi tembak pelaku jambret viral karena melawan saat hendak ditangkap
Polisi tembak pelaku jambret viral karena melawan saat hendak ditangkap (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Aksi penjambretan tengah marak di Jakarta. Baru-baru ini, seorang perempuan di pinggir Danau Sunter, Jakarta Utara dijambret saat sedang melihat-lihat tanaman hias.

Pelaku bermotor merampas ponsel korban yang disimpan di saku celana belakang. Aksi ini terekam kamera CCTV dan viral di media sosial.

Polres Jakarta Utara bergerak cepat menangani kasus tersebut. Pelaku berinisial ISL (35) kini telah ditangkap. Ia diberi hadiah timah panas di kakinya karena melawan saat hendak ditangkap.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Minggu (1/11) sekitar pukul 08.00 WIB. Saat itu, korban bernama Regina (25) sedang melihat-lihat tanaman hias.

Di saat bersamaan muncul pelaku dengan bersepeda motor. Usut punya usut, tersangka meminjam motor orang tuanya untuk melakukan aksi jambret. Pelaku pagi itu sudah berkeliling dari Kelapa Gading hingga ke Danau Sunter untuk mencari mangsa.

"Tersangka meminjam motor orang tua dengan alasan motor tersangka rusak, ternyata tersangka menggunakan motor pinjaman tersebut untuk melakukan aksinya. Pada pukul 08.00 keluar rumah mencari sasaran secara acak di daerah Kelapa Gading hingga ke Sunter," kata Sudjarwoko di Mapolres Jakarta Utara, Koja, Jakarta Utara, Rabu (4/11/2020).

Saat tiba di Jalan Danau Sunter Selatan, pelaku melihat Regina sedang berada di toko tanaman dan meletakkan handphone-nya di saku celana belakang. ISL lantas mendekati korban dengan berpura-pura membeli tanaman.

"Tersangka mendekati korban pura-pura ingin beli tanaman, dan pada saat korban lengah, tersangka langsung menarik HP dari kantong belakang lalu kabur dengan sepeda motornya," ujar Sudjarwoko.

Polisi langsung memburu pelaku dan berhasil menangkapnya di kediamannya. ISL sempat melawan sehingga polisi melakukan tindakan tegas terukur.

"Berdasarkan hasil patroli siber kita pelajari dari CCTV, tim Jatanras melakukan penyelidikan, pemantauan, dan identifikasi, baik kendaraan yang digunakan maupun ciri-ciri tersangka setelah itu dilakukan penyelidikan lebih dalam lagi dan bisa ditemukan tersangkanya," jelas Sudjarwoko.

"Diamankan di kediaman yang bersangkutan di Kelapa Gading, pada saat itu tersangka mencoba melakukan perlawanan kepada petugas sehingga petugas melakukan tindakan tegas yang terukur," tambahnya.

Penangkapan ini mengungkap sejumlah fakta terkait pelaku. Berikut fakta-fakta tersebut:

(Lihat di halaman berikutnya)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3