Ada Salah Ketik di UU Cipta Kerja, Mensesneg Beri Penjelasan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 14:20 WIB
Mensesneg Pratikno (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Mensesneg Pratikno (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Terdapat salah ketik dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Pihak Istana angkat bicara.

Mensesneg Pratikno mengatakan awalnya Kemensetneg melakukan review dan menemukan sejumlah kekeliruan teknis dari berkas RUU Cipta Kerja dari DPR. Setneg sudah menyampaikan kepada DPR untuk memperbaikinya.

"Setelah menerima berkas RUU Cipta Kerja dari DPR, Kementerian Sekretariat Negara telah melakukan review dan menemukan sejumlah kekeliruan yang bersifat teknis. Kemensetneg juga telah menyampaikan kepada Sekretariat Jenderal DPR untuk disepakati perbaikannya," kata Pratikno kepada wartawan lewat pesan singkat, Selasa (3/11/2020).

Setelah dilakukan cleansing dan dipublikasikan, masih terdapat kesalahan di UU Cipta Kerja. Pratikno mengatakan kekeliruan ini bersifat teknis administratif dan tidak berpengaruh pada implementasi UU.

"Hari ini kita menemukan kekeliruan teknis penulisan dalam UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Namun kekeliruan tersebut bersifat teknis administratif sehingga tidak berpengaruh terhadap implementasi UU Cipta Kerja," ucap Pratikno.

Pratikno menambahkan, kesalahan teknis UU Cipta Kerja menjadi masukan bagi pemerintah. Ia berharap tidak terulang kesalahan serupa ke depannya.

"Kekeliruan teknis ini menjadi catatan dan masukan bagi kami untuk terus menyempurnakan kendali kualitas terhadap RUU yang hendak diundangkan agar kesalahan teknis seperti ini tidak terulang lagi," ujarnya.

UU Cipta Kerja dipublikasikan per hari Senin (2/11). Setelah dipublikasikan, masih terdapat sejumlah kesalahan. Apa saja?

Tonton video 'Sah! Jokowi Teken UU Cipta Kerja':

[Gambas:Video 20detik]