ADVERTISEMENT

Penjelasan Gubernur Sumbar soal Pesta Pernikahan Anaknya

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 13:51 WIB
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno
Irwan Prayitno (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno buka suara terkait pesta pernikahan atau Baralek Gadang anaknya. Irwan mengatakan pesta pernikahan yang akan dilangsungkan selama tiga hari itu telah diputuskan bersama dalam rapat panitia dan akan menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi tidak benar kalau kami melakukan konspirasi bersama Pemko Padang. Karena ada SE Wali Kota itu, kami panitia kembali mengadakan rapat dan memutuskan untuk memajukan pernikahan anak kami," kata Irwan dalam keterangan tertulis yang dibagikan Biro Humas Pemprov Sumbar, Selasa (3/11/2020).

Pemko Padang mengeluarkan larangan bagi semua warga kota menggelar pesta pernikahan terhitung 9 November, sementara Gubernur Irwan menggelar puncak hajatan pada 8 November atau sehari sebelum larangan itu berlaku.

"Jadi saya sebagai orang tua bertanggung jawab memberikan kesempatan kepada anak kami menikah, tapi pernikahan itu kita atur sesuai protokol kesehatan," katanya.

Resepsi pernikahan, kata Irwan, akan dilangsungkan dengan aturan protokol COVID bagi para tamu undangan. Tamu tak diperbolehkan makan di tempat, panitia tidak menyediakan meja, tamu hanya diberi nasi kotak untuk dibawa pulang.

Irwan menyebut pihak keluarga awalnya berencana pesta akan digelar pada 4, 5, 6 Desember sebelum adanya SE Pemerintah Kota Padang yang melarang mengadakan pesta pernikahan mulai 9 November 2020. Namun akhirnya pesta dimajukan pada Jumat (6/11) hingga Minggu (8/11).

"Sebelumnya, kami telah berencana acara pernikahan anak kami pada tanggal 4-6 Desember 2020. Namun, karena adanya surat edaran Wali Kota Padang yang melarang acara pernikahan mulai tanggal 9 November nanti, maka kami sekeluarga sepakat untuk memajukan pada tanggal 6-8 November 2020," kata dia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT