Melihat Kawasan Bundaran HI yang Masih Ramai di Masa PSBB Transisi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 08:09 WIB
Situasi kawasan CFD di Bundaran HI, Minggu (1/11) pagi
Situasi kawasan CFD di Bundaran HI, Minggu (1/11) pagi. (Tiara/detikcom)
Jakarta -

DKI Jakarta masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Transisi. Namun kawasan car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat masih ramai dikunjungi warga untuk berolahraga.

Pantauan detikcom di lokasi pada Minggu (1/11/2020), sekitar pukul 07.15 WIB, kawasan ini masih dipadati oleh pesepeda dan pejalan kaki. Mereka datang dari segala arah.

Para pesepeda yang terdiri atas anak-anak, orang tua, hingga muda-mudi mengayuh sepedanya sambil mengitari Bundaran HI. Sesekali, mereka berhenti sejenak di trotoar untuk berswafoto.

Selain pesepeda, ada pelari dan pejalan kaki. Baik pesepeda dan pelari tampak tertib berolahraga menggunakan masker namun sesekali ada juga yang menurunkan maskernya di dagu.

Kendaraan bermotor tetap bisa melintasi jalur ini, karena seharusnya CFD tidak diberlakukan. Untuk itu, petugas keamanan yang berjaga memisahkan antara jalur pengendara bermotor dan pesepeda dengan barier plastik oranye.

Pelari dan pejalan kaki terlihat menggunakan trotoar. Namun tak jarang dari mereka sesekali masuk ke lajur sepeda untuk berganti arah.

Pesepeda melintas di jalur sebelah kiri, sementara kendaraan bermotor di jalur sebelah kanan. Pengendara sepeda motor dan mobil sesekali membunyikan klakson agar pesepeda tak keluar dari lajur pembatas.

Aparat gabungan terdiri atas kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan (Dishub) tersebar di berbagai sisi jalan untuk mengawasi aktivitas warga. Mereka berjaga sambil membawa sejumlah poster imbauan 3M, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, hingga memakai masker.

Sejumlah masyarakat yang lelah berolahraga tampak berhenti sejenak untuk beristirahat sambil berbincang. Namun petugas mengingatkan warga agar tidak berdiam diri di suatu tempat dalam waktu yang lama. Tujuannya adalah mencegah terjadinya kerumunan.

Satgas COVID-19 pernah mengingatkan agar daerah tidak meniadakan sementara CFD, Pemprov DKI pun belum berencana membuka jalur CFD, simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Tonton juga 'Libur Panjang, Bundaran HI Tetap Dipadati Warga':

[Gambas:Video 20detik]