SIDAK 28 Oktober: 6 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 22:45 WIB
Erdogan, Macron dan kontroversi kartun Nabi Muhammad: Turki serukan boikot produk Prancis
Foto: Presiden Turki dan Presiden Prancis (BBC World)
Jakarta -

Ada sejumlah berita teraktual yang menjadi pembicaraan hangat publik hari ini. Berita teraktual yang hangat dibicarakan masyarakat dimulai dari pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan soal ucapan Presiden Prancis Emmanuel Macron hingga kepadatan tol saat libur cuti bersama.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'MASIH DARI PERANCIS - EMMANUEL MACRON SUKA BIKIN GARA-GARA. SIDAK!: 28/10/2020' yang diunggah akun ">YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 6 berita populer hari ini:

1. Erdogan Sebut Macron Perlu Perawatan Mental

Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian, pada hari Minggu (25/10) menuduh Turki mencoba memicu kebencian terhadap Prancis, sehari setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menghina presiden Prancis.

Pada hari Sabtu, Presiden Erdogan menyebut Presiden Emmanuel Macron dari Prancis "memerlukan perawatan mental", setelah mengeluarkan pernyataan tentang Islam.

Macron mengeluarkan pernyataan tentang sekulerisme, kebebasan berpendapat, dan soal karikatur Nabi Muhammad, sebelum dan setelah pemenggalan guru di Prancis, Samuel Paty, oleh Muslim fundamentalis.

Le Drian menuduh Turki, yang merupakan anggota NATO, mengeluarkan propaganda yang memfitnah. Ia mengecam pernyataan Presiden Erdogan, menggambarkannya sebagai "tindakan yang tidak bisa diterima" dari negara sekutu.

2. Video Instagram Live Diperpanjang Sampai 4 Jam

Instagram terus menghadirkan fitur baru untuk layanan Live. Kali ini durasi video Live diperpanjang, dari satu jam menjadi empat jam untuk pengguna di seluruh dunia.

Perubahan ini dibuat untuk membantu kreator dan pengguna Instagram yang harus berpindah ke acara virtual, seperti instruktur yoga dan fitness, guru, musisi, aktivis, dan lain-lain. Banyak dari kreator ini yang berharap durasi Live diperpanjang dari 60 menit tanpa interupsi.

Perubahan ini membuat durasi Live di Instagram setara dengan batas maksimal live stream di Facebook lewat perangkat mobile yang juga empat jam. Selama pandemi, pengguna fitur Live di Instagram di Amerika Serikat melonjak 70% dibandingkan sebelumnya.

Perpanjangan durasi Live ini bisa dinikmati oleh semua pengguna Instagram di seluruh dunia. Tapi hanya pengguna yang tidak pernah bermasalah yang boleh menggunakannya, jadi pengguna yang pernah melanggar kekayaan intelektual dan aturan tidak akan mendapatkan akses.

3. Ngaku Miskin Supaya Enggak Jadi Sasaran Begal Sepeda

Maraknya begal sepeda yang terjadi di Jakarta membuat banyak penggiat olahraga tersebut khawatir. Komunitas sepeda toomuchidea.cc punya cara unik untuk mengampanyekan keamanan bersepeda.

"Saya miskin. Jangan dibegal please :(".

Itu adalah salah satu pesan yang dibuat oleh komunitas sepeda toomuchidea.cc. Pesan yang ditulis pada selembar kertas dan kemudian ditempel di punggung saat melakukan riding.

Ada beberapa pesan lain yang dibuat komunitas toomuchidea.cc. Salah satunya yang mengundang senyum adalah "Saya gajian tanggal 1. Jangan dibegal, sama-sama susah :(."

4. Penampilan Kekeyi Jadi Putri Jasmine

Setelah tampil dengan kostum Putri Salju dan sempat viral, kini Kekeyi kembali menggunakan kostum Putri Jasmine. Berbeda dari penampilan sebelumnya yang diolok-olok, kini Kekeyi mendapatkan banyak pujian.

Penampilan menglingi tersebut berkat didandani oleh makeup artist Vizzily. Dengan kekuatan makeup, wajah Kekeyi tampak berubah.

"Makasih kak vizilly udh merubah putri tidur menjadi putri jasmine yang cantik jelita," begitu keterangan foto Kekeyi di Instagramnya.

Kekeyi didandani dengan eyeshadow bernuansa biru. Matanya dibuat bak boneka dengan efek eyeliner putih di bawah mata dan bulu mata palsu yang cetar.

Penampilan Kekeyi semakin total dengan menggunakan kostum Putri Jasmie berwarna biru. Masih tetap menggunakan hijab, namun dimodifikasi layaknya rambut Putri Jasmine.

5. Jalur Puncak Bogor Diberlakukan One Way

Jalur Puncak, Kabupaten Bogor sedang diberlakukan sistem satu arah atau one way pagi tadi. Sistem satu arah itu diberlakukan lantaran lalu lintas di jalur tersebut mulai padat.

Pantauan detikcom, di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Rabu (28/10/2020) sekitar pukul 08.03 WIB, lalu lintas menuju Puncak Pass tampak tersendat. One way pun tampak diberlakukan dari arah bawah menuju atas atau dari Ciawi menuju Puncak Pass untuk mengurai kemacetan.

Pengendara tampak hanya bisa memacu kecepatan kendaraannya dengan rendah. Kendaraan yang melintas di Jalan Raya Puncak didominasi roda empat.

Ada bus dan truk yang melintas juga di jalur Puncak. Namun bus dan truk yang ada, bukanlah kendaraan sumbu 3 ke atas.

6. Tol Cikampek Padat

Volume kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan pagi tadi. Jasa Marga memberlakukan contraflow di Km 47 sampai Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) arah Cikampek, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 47 sampai dengan Km 61 arah Cikampek sejak pukul 08.45 WIB," ujar General Manager Representative Office 1 Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Selain itu, Jasa Marga telah melakukan penutupan sementara rest area Km 50 arah Cikampek. Penutupan dilakukan karena adanya penumpukan kendaraan di rest area.

"Dengan diberlakukannya contraflow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Km 48 yang merupakan titik pertemuan dua arus lalu lintas menuju Cikampek, antara kendaraan yang melalui jalan tol Jakarta Cikampek Elevated dan Jalan Tol Jakarta Cikampek," sambungnya.

(rfs/jbr)