Buaya Raksasa di Babel Ditangkap Warga Pagi Hari, Sorenya Mati

Deni Wahyono - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 14:49 WIB
Buaya berukuran jumbo dengan berat 700 kg ditangkap di Babel.
Buaya berukuran jumbo dengan berat 700 kg ditangkap di Babel. (Dok Polsek Sungaiselan)
Bangka Belitung -

Buaya raksasa di Bangka Belitung (Babel) tak berumur panjang setelah ditangkap warga. Diangkut warga dari air ke darat pada pagi hari, buaya itu mati pada sorenya.

"Dievakuasi warga ke darat pagi harinya," kata Kapolsek Sungaiselan Iptu Jean Sinulingga saat dimintai konfirmasi, Rabu, (28/10/2020).

Penangkapan buaya sebenarnya dimulai pada Selasa (27/10) dini hari. Warga memberi umpan bebek untuk memancing buaya sepanjang 5 meter itu keluar.

Setelah ditangkap dan dibawa ke darat, buaya berbobot sekitar 700 kg itu menjadi tontonan warga. Pada sore di hari yang sama, buaya itu mati.

"Usai ditangkap warga, Polsek, Koramil dan kecamatan berkoordinasi dengan BKSDA untuk tindakan lebih lanjut. Namun pada saat tim mereka merapat ke lokasi, buaya tersebut sudah tidak bertahan hidup lagi," ujarnya.

Dia mengatakan buaya tersebut ditangkap warga karena resah setelah ada orang yang tewas diduga akibat diserang buaya. Warga yang menjadi korban diduga diserang saat memasang jaring udang.

"Ada, beberapa bulan yang lalu, pada saat korban menyelam untuk pasang jaring udang. Kemungkinan karena sering mengganggu warga dan membuat resah," ujarnya.