Bikin Resah Warga, Buaya 'Raksasa' Kembali Ditangkap di Babel

Deni Wahyono - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 13:40 WIB
Buaya berukuran jumbo dengan berat 700 kg ditangkap di Babel.
Buaya berukuran jumbo dengan berat 700 kg ditangkap di Babel. (Dok Polsek Sungaiselan)
Bangka Tengah -

Buaya berukuran jumbo kembali ditangkap warga di Desa Pangkal Raya, Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung (Babel). Buaya seberat 700 kilogram yang videonya viral di media sosial itu kini telah mati.

Kapolsek Sungaiselan Iptu Jean Sinulingga mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, buaya sepanjang 5 meter itu ditangkap warga menggunakan pancing dengan umpan bebek, Selasa (27/10) dini hari.

"Buaya dievakuasi warga ke darat pagi harinya. Saat ini buaya sudah mati," kata Jean Sinulingga saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, buaya tersebut terpaksa ditangkap karena warga resah, terutama warga desa yang mencari udang dan ikan di seputar sungai. Bahkan sudah memakan korban jiwa.

"Ada, beberapa bulan yang lalu, pada saat korban menyelam untuk pasang jaring udang. Kemungkinan karena sering mengganggu warga dan membuat resah," ujarnya.

Setelah berhasil ditangkap, buaya raksasa itu menjadi tontonan warga setempat yang penasaran ingin melihat binatang buas yang sering mengganggu warga saat beraktivitas di sungai. Namun sore harinya buaya tersebut mati.

"Usai ditangkap dr warga, polsek, koramil dan kecamatan berkordinasi dengan BKSDA untuk tindakan lebih lanjut. Namun pada saat tim mereka merapat ke lokasi buaya tersenut sudah tidak bertahan hidup lagi," tutur Kapolsek.

Pada Agustus kemarin, buaya berukuran jumbo juga ditangkap di Babel. Sekdes Kayubesi Junaidi mengatakan penangkapan buaya raksasa yang viral itu terjadi di Desa Kayubesi, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung (Babel).

"Benar, itu buaya yang ditangkap warga pada Senin (3/8) sekitar pukul 16.00 WIB. Lokasinya di Sungai Kayubesi," kata Junaidi kepada detikcom, Kamis (6/8/2020).

Buaya raksasa yang diyakini warga sebagai 'siluman' dievakuasi dari Sungai Kayubesi, Bangka Belitung (Babel). Begini detik-detik buaya berbobot 500 kilogram dan memiliki panjang 4,8 meter itu diangkut dari sungai.

(idh/idh)