Diwarnai Aset Triliunan, Kejutan Skandal Jiwasraya Ternyata Belum Usai

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 11:02 WIB
Kantor Pusat Jiwasraya
Foto ilustrasi Jiwasraya (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Skandal korupsi di PT Asuransi Jiwasraya memberikan kejutan dengan vonis seumur hidup untuk semua terdakwa yang sudah menjalani persidangan. Aset-aset yang nilainya triliunan rupiah, dari mobil mewah, apartemen, hingga kapal pinisi, turut dinyatakan majelis hakim menjadi barang rampasan negara.

Namun tampaknya perkara yang ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung) ini belum berhenti memberikan kejutan. Sebab, Korps Adhyaksa masih terus menelusuri pihak-pihak lain yang diduga terlibat. Setidaknya masih ada 15 tersangka lain yang dalam proses penyidikan.

Sebelumnya Pengadilan Tipikor Jakarta sudah menjatuhkan vonis kepada 6 terdakwa yang lebih dulu diajukan jaksa ke kursi pesakitan. Siapa saja mereka?

1. Hendrisman Rahim sebagai mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya;
2. Hary Prasetyo sebagai mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya;
3. Syahmirwan sebagai mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya
4. Joko Hartono Tirto sebagai pengusaha
5. Benny Tjokrosaputro sebagai Komisaris PT Hanson International Tbk; dan
6. Heru Hidayat sebagai Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk.

Majelis hakim memukul rata vonis untuk keenamnya yaitu pidana penjara selama seumur hidup. Namun untuk Benny dan Heru, majelis hakim juga menyatakan keduanya terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang dengan menyamarkan asal-usul harta yang dibeli dari hasil korupsi terkait pengelolaan investasi saham Jiwasraya.

Benny dan Heru disebut melakukan pencucian uang dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening milik orang lain hingga membeli apartemen. Sedangkan Heru melakukan pencucian uang digunakan untuk mengakuisisi beberapa perusahaan, membeli kendaraan mulai dari Alphard hingga Porsche Cayenne, serta menggunakan uang korupsi untuk bermain kasino atau judi.

Selain itu, keduanya diminta membayar uang pengganti yang totalnya Rp 16 triliun lebih dengan rincian: Benny wajib membayar Rp 6 triliun dan Heru membayar Rp 10 triliun. Di sisi lain majelis hakim menyatakan deretan aset dari Benny dan Heru yang menjadi rampasan negara. Apa saja?

Simak video 'Benny Tjokro-Heru Hidayat Divonis Penjara Seumur Hidup':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3