Daftar 5 Provinsi dengan Kematian-Kesembuhan Corona Tertinggi Pekan Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:12 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto Wiku Adisasmito: Satgas Penanganan COVID-19
Jakarta -

Satgas Penanganan Corona (COVID-19) melaporkan data terbaru terkait daerah yang mengalami kenaikan kasus kematian dan kesembuhan akibat Corona. Satgas mengatakan pekan ini terjadi peningkatan kematian sebanyak 18 persen.

"Di pekan ini terjadi peningkatan sebesar 18 persen untuk penambahan kematian mingguan," ujar Jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito saat konferensi pers di YouTube BNPB, Selasa (27/10/2020).

Pekan lalu yang menduduki kematian tertinggi itu adalah Provinsi Banten, Aceh, DKI Jakarta, dan Sumut. Namun, saat ini daerah itu sudah keluar dari 5 besar kategori kematian tertinggi.

Pada minggu ini lima daerah yang menduduki lima besar adalah Jawa Barat mengalami kenaikan, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, dan Nusa Tenggara Barat.

"Perlu perhatian khusus pada provinsi yang pada pekan ini masuk ke dalam 5 besar kenaikan kematian tertinggi yaitu Jawa Barat naik 89, Sumatera Barat naik 22, Jawa Tengah naik 16, Kepulauan Riau naik 10, dan NTB naik 7. Sementara untuk persentase kasus meninggal tertinggi diisi oleh Jawa Timur yaitu 7,24 persen, NTB yaitu 5,64 persen, Sumsel 5,47 persen, Jateng 5,44 persen, dan Bengkulu 5,02 persen," kata Wiku.

Wiku meminta seluruh daerah yang mendapat catatan dari pemerintah memperbanyak testing. Wiku juga meminta daerah yang masih mengalami kasus kematian tertinggi lebih fokus menangani pasien.

"Tingkatkan pelayanan COVID-19 di rumah sakit, diperbanyak rumah sakit darurat jika diperlukan. Lakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kemenkes atau Satgas, apabila membutuhkan bantuan," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2