Kasus Positif Corona di RI Turun 4,5% Pekan Ini, Kematian Naik 18%

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 16:50 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito (Foto: Satgas Penanganan COVID-19)
Jakarta -

Pemerintah menyampaikan terjadi penurunan kasus virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Pekan ini, kasus positif Corona turun 4,5 persen secara nasional.

"Di minggu ini, terlihat perkembangan kasus COVID-19 di tingkat nasional cenderung menurun dari pekan sebelumnya. Pada level nasional, di pekan ini terjadi penurunan kasus positif sebesar 4,5 persen. Ini adalah perkembangan ke arah yang lebih baik, karena kasus positif mengalami penurunan," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube BNPB, Selasa (27/10/2020).

Wiku menyampaikan apresiasi kepada Provinsi Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Barat yang pekan ini berhasil keluar dari 5 besar kenaikan kasus tertinggi dan meminta pemda setempat terus menekan angka kasus Corona di daerah. Di sisi lain, Wiku menyampaikan peringatan kepada 5 provinsi yang pekan ini menjadi 5 besar kenaikan kasus Corona tertinggi.

"Perlu perhatian khusus pada 5 besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pada pekan ini. Riau dan Kepulauan Riau masih belum keluar dari 5 besar penambahan kasus positif tertinggi, sama seperti minggu sebelumnya. 5 besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pekan ini diisi oleh Jawa Barat naik 627, Banten naik 345, Kepulauan Riau naik 238, Riau naik 234, dan Jawa Tengah naik 184," ujar Wiku.

"Kami melihat tren pada daerah yang minggu sebelumnya kami umumkan mengalami perbaikan, ternyata terjadi peningkatan kasus yang artinya, menurut kami, daerah ini menjadi lengah. Kami mohon perhatiannya. Seperti yang selalu saya tekankan, bagi daerah yang masih masuk ke dalam 5 besar, kami meminta agar segera lakukan evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan di masyarakatnya. Jangan berlomba-lomba masuk ke 5 besar kasus positif, karena ini bukanlah prestasi," tegasnya.

Meski penambahan kasus positif Corona mingguan menurun, angka kematian akibat Corona pekan ini mengalami peningkatan. Angka kematian pekan ini naik 18 persen dari pekan sebelumnya.

"Jumlah kematian pada pekan ini mengalami kenaikan dengan angka yang lebih besar dari pekan sebelumnya. Pekan ini terjadi peningkatan sebesar 18 persen untuk penambahan kematian mingguan," ungkap Wiku.

Selanjutnya
Halaman
1 2