Jabar-Jateng Masuk 5 Besar Provinsi dengan Kenaikan Kasus Corona Tertinggi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 16:40 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi penyebaran Corona di RI (Edi Wahyono)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengumumkan terdapat 5 provinsi dengan kasus kenaikan positif virus Corona (COVID-19) tertinggi di RI. Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) termasuk dalam kategori provinsi dengan kenaikan kasus Corona tertinggi.

"Perlu perhatian khusus kepada 5 besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pada pekan ini. Riau dan Kepulauan Riau masih belum keluar dari 5 besar penambahan kasus positif tertinggi, sama seperti minggu sebelumnya," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube BNPB, Selasa (27/10/2020).

"Lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pekan ini diisi oleh Jawa Barat naik 627, Banten naik 345, Kepulauan Riau naik 238, Riau naik 234, dan Jawa Tengah naik 184," imbuhnya.

Wiku mengungkapkan bahwa daerah yang pekan sebelumnya mengalami perbaikan terkait penyebaran Corona, justru mengalami peningkatan kasus minggu ini. Dia menegaskan masifnya penyebaran virus Corona di suatu daerah bukanlah prestasi.

"Kami melihat tren pada minggu sebelumnya kami umumkan mengalami perbaikan, ternyata terjadi peningkatan kasus yang artinya, menurut kami, daerah ini menjadi lengah. Kami mohon perhatiannya. Seperti yang selalu saya tekankan, bagi daerah yang masih masuk ke dalam 5 besar, kami meminta agar segera lakukan evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan di masyarakatnya. Jangan berlomba-lomba masuk ke lima besar kasus positif, karena ini bukanlah prestasi," papar Wiku.

Diberitakan sebelumnya, kasus positif Corona di RI hari ini bertambah 3.520. Total kasus positif Corona di Tanah Air per hari ini menjadi 396.454.

Berdasarkan data tim Humas BNPB, Selasa (27/10/2020), tercatat juga ada tambahan pasien sembuh dari Corona sebanyak 4.576. Total pasien sembuh menjadi 322.248.

Simak video 'Mari Lakukan 3 Hal Wajib Ini agar Bebas Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/imk)