Satgas COVID: Kasus Sembuh Corona di Dunia Turun, di RI Meningkat

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 16:30 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Wiku Adisasmito. (Dok Satgas Penanganan COVID-19).
Jakarta -

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkap kasus kesembuhan virus Corona (COVID-19) di Indonesia saat ini cenderung meningkat. Padahal rata-rata kesembuhan Corona dunia mengalami penurunan.

Wiku memberi update mingguan terkait kasus Corona di Indonesia secara virtual melalui channel YouTube BNPB Indonesia, Selasa (27/10/2020). Hari ini ada tambahan 3.250 kasus Corona di Indonesia.

"Di mana jumlah kasus aktif pada hari ini adalah 60.685 atau 16,4% di mana kasus aktif dunia pada saat ini adalah 23,84%. Jadi kasus aktif di Indonesia sekitar 7% di bawah kasus aktif dunia. Ini adalah kabar baik," ujar Wiku Adisasmito.

Saat ini kasus kesembuhan akibat Corona di Indonesia sudah mencapai 322.248 orang atau sebanyak 81,3%. Sementara rata-rata kasus sembuh dunia adalah 73,49%.

"Perlu kami sampaikan bahwa kasus sembuh di dunia akhir-akhir ini cenderung menurun, sedangkan kasus sembuh di Indonesia persentasenya cenderung meningkat. Ini adalah kabar baik yang harus kita pertahankan sehingga kita angka kesembuhannya bisa naik terus sehingga tidak ada yang meninggal," ujar Wiku.

Meski begitu, kasus kesembuhan Corona di Indonesia untuk minggu ini mengalami penurunan dibanding minggu lalu. Wiku meminta agar setiap daerah memperhatikan hal ini.

"Meski kasus kesembuhan nasional terus mengalami perbaikan namun jumlah kesembuhan di pekan ini mengalami perlambatan sebesar 6,4% dari pekan sebelumnya. Ini adalah kabar yang kurang baik. Seharusnya jumlah kesembuhan harus terus kita jaga agar terus bertambah," sebutnya.

(elz/imk)