PSBK Disetop, Pemkot Pekanbaru Siapkan 700 Ruang Isolasi OTG Corona

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 12:54 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Pekanbaru -

Pemkot Pekanbaru menghentikan pembatasan sosial berskala kecil (PSBK) karena dianggap tidak efektif mencegah penyebaran virus Corona. Pemkot kiniber fokus melakukan isolasi terhadap orang tanpa gejala (OTG) Corona.

"Kita lebih fokus sekarang ini untuk mengisolasi bagi warga OTG COVID-19 yang selama ini enggan untuk dilakukan isolasi mandiri yang telah kita sediakan. Saat ini kita bersama Satgas COVID-19 Provinsi Riau telah menyediakan 700 tempat tidur untuk isolasi," kata Kabag Humas Pemkot Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, kepada wartawan, Kamis (22/10/2020).

Irba mengatakan 700 ruang isolasi itu disediakan bagi OTG dan pasien Corona dengan gejala ringan. Ruangan isolasi itu terdapat di sejumlah hotel.

"Kerja sama dengan pihak hotel sudah kita lakukan. Kamar hotel yang disediakan ini sebagai bentuk antisipasi bila sejumlah tempat isolasi yang sudah ada terjadi kekurangan. Maka, jika hal itu terjadi, tempat isolasi lainnya kita sediakan hotel," kata Irba.

Dia menyebut ruangan isolasi saat ini juga tersedia di rumah susun dan balai diklat Pemprov Riau. Ada tim medis yang bertugas mengawasi pasien di lokasi-lokasi tersebut.

"Bagi keluarga kurang mampu dan menjadi tulang punggung keluarganya, maka selama diisolasi maka kita akan memberikan sembako. Bantuan tersebut akan diberikan selama warga tersebut menjalani isolasi," ucapnya.

Sebelumnya, Pemkot Pekanbaru menerapkan PSBK di empat kecamatan. Setelah dievaluasi, PSBK yang sudah berjalan dinilai tidak efektif sehingga disetop.

(cha/haf)