Richard Muljadi Joging Dikawal PJR, Ini Sosok Polisi Penangkapnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 07:57 WIB
Video viral pria diduga Richard Muljadi joging di daerah Denpasar (Screenshot video viral)
Video viral Richard Muljadi joging di daerah Denpasar (Screenshot video viral)
Jakarta -

Richard Muljadi sempat bikin heboh karena dikawal mobil Patroli Jalan Raya (PJR) saat joging di Denpasar, Bali. Sebelum kejadian ini, Richard Muljadi juga sempat bikin heboh karena kasus kokain.

Richard Muljadi ditangkap oleh Kombes Herry Heryawan di dalam toilet Restoran Vong Kitchen di kawasan SCBD Jakarta Selatan, pada Rabu (22/8/2020) dini hari. Saat itu, Richard diduga telah mengisap kokain yang disimpannya di atas layar ponsel iPhone X dan dolar Australia.

Herry Heryawan kini menjabat sebagai Direktur Penindakan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Sebelumnya, Herrimen, sapaan akrab Herry Heryawan itu menjabat sebagai Direktur Narkoba Polda Metro Jaya.

Sepak terjang Herrimen dalam pengungkapan kasus narkoba tidak perlu diragukan lagi. Rekor terbesarnya adalah mengungkap 1 ton sabu dari Taiwan melalui Pantai Anyer, Banten.

Lulusan Akpol 96 ini Kasat Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Karirnya di Polda tipe A semakin moncer setelah sukses menangkap komplotan perampokan bersenjata api di toko emas di Ciputat.

Pria berdarah Ambon ini juga pernah menangkap pentolan preman John Kei hingga Hercules. Ketika menjabat sebagai Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Herrimen dan timnya yang saat itu dipimpin Brigjen Krishna Murti, mengungkap kasus kematian Mirna Salihin di kafe di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

Kombes Herimen, Sosok Polisi yang Tembak John KeiKombes Herry Heryawan, Sosok Polisi Penangkap Richard Muljadi (dok.istimewa)

Herrymen juga pernah terlibat dalam pengungkapan kasus pengeboman JW Marriot hingga Nurdin M Top dan sejumlah kasus terorisme lainnya, ketika dirinya tergabung dalam Satgas Antiteror.

Herry Heryawan secara kebetulan menangkap Richard Muljad di Vong Kitchen, SCBD, Jaksel pada Rabu 22 Agustus 2018. Ketika itu, Herry Heryawan tengah mengikuti pendidikan Sespimti.

Penangkapan Richard Muljadi bermula ketika dia menunggu pria untuk keluar dari toiley di restoran tersebut. Tidak lama kemudian, pria tersebut--yang belakangan diketahui sebagai Richard Muljadi--keluar meninggalkan toilet. Saat itulah, Herry Heryawan menemukan serbuk putih kokain di toilet.

"Jadi setelah keluar dari kamar mandi dan Pak Herrimen menemukan bahwa di atas handphone di layar itu ada serbuk putih di sana," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Mengetahui hal itu, Herrimen langsung menangkap Richard Muljadi dan menyerahkannya ke Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya.

Selanjutnya
Halaman
1 2