Richard Muljadi Joging Dikawal Polisi, Polda Bali: Tak Ada Permintaan Resmi

Angga Riza - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 14:01 WIB
Video viral pria diduga Richard Muljadi joging di daerah Denpasar (Screenshot video viral)
Foto: Video viral pria diduga Richard Muljadi joging di daerah Denpasar (Screenshot video viral)
Denpasar -

Propam Polda Bali memberikan sanksi administrasi kepada anggota Patroli Jalan Raya (PJR) terkait viral video Richard Muljadi dikawal saat joging di kawasan Denpasar. Polda Bali mengatakan tidak ada permintaan resmi untuk pengawalan itu.

"Jadi yang jelas tidak ada permintaan resmi dari yang bersangkutan. Meskipun ada kita akan menilai wajib atau patut diberikan pengawalan atau tidak jadi kita anggap bahwa itu tidak patut dilakukan pengawalan," Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi Senin (19/10/2020).

Propam menilai pengawalan terhadap Richard Muljadi itu melanggar prosedur. Karena, pengawalan memiliki ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam.

"Saya ambil contoh di antaranya pengawalan presiden dan wakil presiden kemudian pengawalan pejabat-pejabat negara kemudian pejabat atau pengawalan terhadap ambulans yang sedang membawa orang sakit ini di antaranya harus menjadi persyaratan-persyaratan melakukan pengawalan," ujarnya.

Sedangkan mengawal joging seperti viral video Richard Muljadi itu tidak sesuai dengan prosedur. Pengawalan itu juga dinilai tidak patut dilakukan sehingga anggota PJR tersebut diperiksa Propam.

"Karena yang dikawal adalah orang yang sedang lari sehingga ini dianggap tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku, pada intinya bahwa pengawalan itu semua masyarakat bisa mengajukan permohonan pengawalan namun demikian dari pihak kepolisian harus mempertimbangkan dan menilai apakah pengawalan ini patut dilaksanakan. Kalau kejadian yang kemarin itu itu dianggap bahwa tidak patut dilaksankan pengawalan, sehingga dilakukanlah pemeriksaan oleh Ditpropam Polda Bali," papar Syamsi.

Simak juga video 'Pria Diduga Richard Muljadi Joging Dikawal Mobil PJR Bali':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2