Bioskop di Jakarta Mulai Buka Kembali, Begini Penerapan Protokolnya

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 14:24 WIB
Bioskop CGV Grand Indonesia buka kembali (Arun/detikcom)
Bioskop CGV Grand Indonesia buka kembali. (Arun/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah bioskop di Ibu Kota mulai buka seiring dengan keluarnya surat keputusan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka boleh buka dengan syarat menerapkan sejumlah protokol. Seperti apa situasinya?

Pantauan detikcom, Rabu (21/10/2020) pukul 13.00 WIB, CGV GI sudah mulai buka. Namun belum ada pengunjung yang hadir. Film pertama baru akan tayang sekitar pukul 15.00 WIB.

Tampak petugas bioskop berjaga di depan untuk melakukan cek suhu. Sebelum masuk, pengunjung diminta mengisi data lewat QR code.

Bioskop CGV Grand Indonesia buka kembali (Arun/detikcom)Bioskop CGV Grand Indonesia buka kembali. (Arun/detikcom)

Penonton disarankan membeli tiket dan makanan secara online. Di lokasi, penonton tetap bisa membeli online melalui mesin yang telah disediakan.

Pengunjung nantinya hanya bisa makan secara dine in. Makanan tidak boleh dibawa saat menonton di bioskop.

Bioskop CGV Grand Indonesia buka kembali (Arun/detikcom)Bioskop CGV Grand Indonesia buka kembali. (Arun/detikcom)

Terlihat tanda jaga jarak terpasang di bagian lantai. Hand sanitizer juga disediakan di beberapa titik.

Sementara itu, di bagian dalam bioskop tampak bangku penonton diberi tanda silang. Kapasitas diatur hanya 25 persen dari kapasitas normal.

Bioskop CGV Grand Indonesia buka kembali (Arun/detikcom)Bioskop CGV Grand Indonesia buka kembali. (Arun/detikcom)

PR Manager CJ Cinemas Indonesia Hariman Chalid mengatakan pihak Pemprov DKI telah melakukan assessment sebelum bioskop dibuka. Persiapan sudah tuntas.

"Persiapan kita sudah siap 100 persen karena sudah dinilai dari tim teknis Pemprov DKI Jakarta pada Senin lalu dan hasilnya cukup memuaskan mereka dan akhirnya kita mendapatkan SK untuk perizinan pembukaan bioskop hari ini," ungkap Hariman di lokasi.

Sederet protokol untuk penonton pun telah disosialisasikan. Pihak bioskop meminta para penonton untuk tetap bermasker selama menonton film.

"Kami harap penonton menggunakan masker sepanjang pertunjukan film. Jangan dilepas maskernya. Nanti akan ada staf kami yang mengecek secara random untuk pengawasannya. Ketika selesai, kami harapkan nanti akan ada staf kami yang memandu keluar dan membukakan pintu untuk para penonton. Dan kami harap tidak berlama-lama di dalam area kami atau mencegah kerumunan di bioskop," paparnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan surat keputusan untuk operasi bioskop-bioskop di Jakarta. Beberapa bioskop akan mulai memutar film hari ini.

"XXI, Cinepolis, dan CGV sudah keluar SK-nya. Ya, infonya Minggu ini dibuka," ucap Kepala Bidang Industri Pariwisata, Dinas Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Parekraf), DKI Jakarta, Bambang Ismadi, saat dihubungi, Rabu (21/10/2020).

Bioskop di Jakarta Dibuka Kembali, Jarak Duduk Minimal 1,5 Meter:

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)