Kapasitas 25 Persen, Ini Aturan untuk Bioskop di DKI yang Buka Mulai Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 09:46 WIB
Bioskop di Bandung kembali dibuka.
Ilustrasi (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah bioskop di Ibu Kota kembali beroperasi hari ini setelah mendapatkan izin dari Pemprov DKI Jakarta. Jumlah penonton dibatasi maksimal 25 persen dari total kapasitas.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Parekraf) DKI Jakarta, Bambang Ismadi, mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat keputusan pembukaan bioskop. Namun Bambang tidak menyebutkan detail waktu operasional bioskop itu.

"XXI, Cinepolis, dan CGV sudah keluar SK-nya. Ya, infonya Minggu ini dibuka," tutur Bambang saat dihubungi, Rabu (21/10/2020).

"Soal hari ini atau besok, tanya langsung ke yang bersangkutan," imbuhnya.

Pengaturan kapasitas penonton itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 101 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Pergub Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Aturan ini ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 9 Oktober 2020.

Pengaturan bioskop masuk pada kategori aktivitas di dalam ruangan atau indoor. Selain bioskop, disebutkan kegiatan seperti meeting, workshop, seminar, teater, pemberkatan, upacara pernikahan, dan lain-lain.

Ketentuannya adalah:
- Maksimal kapasitas 25 persen.
- Jarak antar tempat duduk minimal 1,5 meter.
- Peserta dilarang berpindah-pindah tempat duduk, atau berlalulalang (melantai).
- Alat makan-minum disterilisasi.
- Pelayanan makanan dilarang dalam bentuk prasmanan.
- Petugas memakai masker, face shield, dan sarung tangan.

Sementara itu, untuk syarat operasional bioskop, seperti jam operasionalnya, diharuskan melalui persetujuan teknis. Pengelola gedung diminta mengajukan persetujuan teknis ke Pemprov DKI.

Saat dilihat dari akun media sosial resmi sejumlah bioskop, mereka akan mulai beroperasi di beberapa lokasi di Jakarta. CGV akan mulai beroperasi di CGV Grand Indonesia, CGV Green Pramuka Mall, CGV Transmart Cempaka Putih, dan CGV AEON Mall JGC.

Sementara itu, Cinepolis yang mulai beroperasi hari ini adalah Cinepolis Plaza Semanggi, Cinepolis Pluit Village, Cinepolis Tamini Square, Cinepolis Gajah Mada, dan Cinepolis Cibubur Junction.

Tonton video 'Bioskop di Jakarta Mulai Dibuka Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)