Round-Up

Kesaksian Ketua IDI Bali di Sidang Perdana Tatap Muka Jerinx SID

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 21:02 WIB
Ketua IDI Bali Putra Suteja bersaksi si sidang Jerinx SID.
Ketua IDI Bali Putra Suteja bersaksi si sidang Jerinx SID. (Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Berbeda dari sidang sebelumnya yang digelar online, kali ini persidangan kasus ujaran kebencian lewat posting-an 'IDI Kacung WHO' dengan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx 'SID' berlangsung secara offline atau tatap muka. Agenda sidang mendengarkan kesaksian Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Bali, Putra Suteja.

Sidang perdana tatap muka Jerinx ini digelar di PN Denpasar, Bali, pada Selasa (13/10/2020). Jerinx tampak menghadiri sidang dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam dengan didampingi kuasa hukumnya.

Istri Jerinx, Nora Alexandra, juga turut menghadiri sidang tatap muka ini. Tak seperti sidang sebelumnya, tidak terlihat pendukung Jerinx 'SID' di area PN Denpasar.

Sidang mulai berlangsung pukul 10.13 Wita. Sidang dipimpin oleh majelis hakim Nyoman Dewi Adnyana. Sidang perdana tatap muka perkara 'IDI Kacung WHO' dilakukan terbatas 20 orang karena masa pandemi. Wartawan diminta keluar dari ruang sidang setelah mengambil foto.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Bali Putra Suteja diperiksa sebagai saksi dalam sidang lanjutan Jerinx. Putra Suteja mengaku mengaku menyampaikan terkait laporannya ke polisi.

"Ya saya kan menyampaikan apa yang terjadi. Saya hanya menjaga marwah profesi organisasi IDI, jangan ada orang-orang yang melemahkan profesi dokter dalam situasi COVID seperti ini," kata Suteja kepada wartawan seusai sidang.

Suteja menilai Jerinx orang baik. Namun yang dipermasalahkannya adalah kata-kata yang dinilai bisa melemahkan profesi dokter dalam memberikan pelayanan.

"Dia orang baik, semua orang baik, tapi kalimat-kalimatnyalah yang tidak baik dan menjadi kita menjadi lemah posisi kita di dokter pelayanan kesehatan," ujar Suteja.

Selanjutnya
Halaman
1 2