Angka Kematian Corona RI Mingguan Turun, Satgas Puji Jateng-Banten-Riau

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 17:00 WIB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Angka kematian pasien terkait virus Corona (COVID-19) minggu ini mengalami penurunan. Pemerintah memuji tiga provinsi yang berhasil keluar dari lima besar kenaikan kasus kematian dari pekan lalu sehingga berkontribusi menurunkan angka kematian Corona secara nasional.

"Sejalan dengan perkembangan kasus positif, jumlah kematian pada pekan ini juga menurun 7,7 persen dari pekan sebelumnya," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/10/2020).

Wiku pun memberi apresiasi kepada tiga provinsi yang berhasil menekan angka kematian pasien Corona. Dengan adanya kemajuan itu, angka kematian akibat Corona di Indonesia juga menurun.

"Kami mengapresiasi provinsi yang berhasil menekan angka kematian pada pekan ini dan berkontribusi pada penurunan angka kematian secara nasional," ujar Wiku.

"Provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Banten, dan Riau, yang berhasil menekan angka kematiannya pada pekan ini sehingga berhasil keluar dari lima besar provinsi dengan kenaikan kematian tertinggi," imbuhnya.

Wiku pun mengingatkan Provinsi Jawa Barat dan Kalimantan Timur, yang masih masuk dalam lima provinsi dengan tingkat kematian akibat Corona tertinggi. Provinsi dengan tingkat kematian tinggi itu harus bekerja ekstra lagi.

"Namun, untuk Jawa Barat dan Kalimantan Timur, ini masih bertahan di lima besar provinsi dengan kenaikan kematian tertinggi bersama Sumatera Barat, Aceh, dan Papua, yang pada minggu ini masuk dalam lima besar," ucap Wiku.

Satgas meminta lima provinsi dengan angka kematian pasien Corona tertinggi lebih memperhatikan perawatan terhadap pasien. Terutama kepada pasien-pasien Corona yang punya penyakit penyerta.

"Mohon kepada lima provinsi yang masuk ke lima besar provinsi kenaikan kematian tertinggi untuk dapat betul-betul melaksanakan treatment atau penanganan pasien COVID-19 dengan baik, terutama pada pasien dengan gejala sedang dan berat serta pasien dengan penyakit kormobid atau dengan penyakit penyerta," tutur Wiku.

"Tingkatkan kualitas pelayanan COVID-19 di rumah sakit. Perbanyak rumah sakit darurat jika diperlukan," sambungnya.

Berikut 5 provinsi kenaikan kematian tertinggi akibat Corona per 4 Oktober:
1. Kalimantan Timur naik 35 (33-->68)
2. Jawa Barat naik 25 (69--> 94)
3. Sumatera Barat naik 20 (15-->35)
4. Aceh naik 17 (21-->38)
5. Papua naik 15 (8-->23)

Berdasarkan persentase, provinsi dengan kasus kematian tertinggi adalah sebagai berikut:

- Jawa Timur: 7,31%
- Jawa Tengah: 6,08%
- Nusa Tenggara Barat: 5,94%
- Sumatera Selatan: 5,63%
- Bengkulu: 5,08%

(elz/gbr)