Viral Foto Tak Jaga Jarak Usai Rapat RUU Ciptaker, Ini Penjelasan Baleg DPR

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 15:53 WIB
Willy Aditya
Foto: Willy Aditya (Ari Saputra)
Jakarta -

Beredar foto yang menunjukkan anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI berpose mengepalkan tangan dan tidak ada jaga jarak di ruang rapat Baleg DPR. Pimpinan Baleg pun memberi penjelasan.

Foto anggota Baleg ramai-ramai berpose itu viral di media sosial. Dalam foto terlihat Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas, Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi, anggota Baleg DPR Arteria Dahlan Fraksi PDIP, Christina Aryani Fraksi Golkar, Ali Taher Fraksi PAN, serta sejumlah anggota Baleg lainnya

Dalam foto terlihat mayoritas anggota Baleg mengenakan masker, namun ada juga yang mengenakan masker tanpa menutupi hidung. Bahkan tidak menggunakan masker sama sekali.

Wakil Ketua Baleg DPR Willy Aditya menjelaskan foto itu diambil usai rapat pengambilan keputusan tingkat I RUU Cipta Kerja (Ciptaker) di ruang rapat Baleg DPR pada Sabtu (3/10/2020) lalu. Willy mengatakan foto itu diambil secara spontan. Willy sendiri tidak tampak dalam foto yang beredar, namun dirinya turut hadir dalam rapat.

"Memang foto itu pasca-rapat tingkat 1, raker bersama pemerintah. Ya, kita sudah sampaikan protokolnya. Bahkan Baleg di dalam raker pun sudah mengirim per fraksi yang wajib datang berapa," kata Willy di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020).

"Ini memang kadang-kadang kan sulit, ya, kita kontrol. Mungkin teman-teman sudah bekerja berbulan-bulan, capek, terus 'wah', itu spontanitas," imbuhnya.

Willy menyesalkan anggota Baleg yang berfoto tanpa mengindahkan jaga jarak. Ia pun berharap kejadian itu tidak terulang kembali.

"Iya nggak jaga jarak. Tentu saya sebagai pimpinan menyesalkan itu. Saya secara pribadi, secara pimpinan Baleg menyesalkan swafoto itu. Jadi tentu kita harap hal ini tidak akan terulang lagi," ujarnya.

Ditemui terpisah, anggota Baleg dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan menjelaskan viralnya foto yang menunjukkan anggota Baleg tidak jaga jarak itu hanya tergantung sudut pandang. Bahkan, menurut Arteria, kameramen foto itu menyuruh mereka lebih merapat.

"Jadi pertama kenapa tidak jaga jarak, karena sudut pandang fotonya juga tidak bisa maksimal. Jadi itulah yang dicoba. Itu pun malah kameramennya yang suruh begini, begini kan, disuruh lebih mempersempit," kata Arteria.

Selanjutnya
Halaman
1 2