ADVERTISEMENT

Paripurna Pengesahan RUU Cipta Kerja, Hanya 61 Anggota Dewan Hadir Langsung

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 15:40 WIB
Ruang rapat paripurna jelang pengesahan Omnibus Law RUU Cipta Kerja (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Foto: Ruang rapat paripurna jelang pengesahan Omnibus Law RUU Cipta Kerja (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Jakarta -

DPR menggelar rapat paripurna penutupan masa sidang hari ini. Salah satu agenda rapat adalah pengesahan omnibus law RUU Cipta Kerja.

Rapat dilaksanakan di ruang rapat paripurna, gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020). Rapat dibuka sekitar pukul 15.20 WIB dan dipimpin Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Rachmat Gobel turut hadir secara langsung di ruang rapat.

Membuka rapat, Azis menyatakan paripurna kali ini dihadiri 61 anggota Dewan yang hadir fisik, serta 195 anggota Dewan hadir secara virtual. Azis mengatakan rapat kali ini secara total dihadiri 318 anggota DPR.

"Fisik 61 orang, virtual 195 orang. Izinkan kami dari meja pimpinan membuka rapat ini dan kami nyatakan terbuka untuk umum," ujar Azis.

Seperti diketahui, DPR bersama pemerintah dan DPD diketahui menggelar rapat malam-malam pada Sabtu (3/10) lalu dan menyepakati RUU Cipta Kerja akan dibawa ke rapat paripurna, meski ada penolakan dari 2 fraksi, yaitu Demokrat dan PKS. Agenda rapat paripurna sebelumnya disebut-sebut akan dilaksanakan pada Kamis (8/10).

Rapat bersama ini dipimpin langsung oleh Ketua Badan Legislasi DPR RI, Supratman Andi Agtas, di gedung DPR, Sabtu (3/10). Rapat yang dimulai sekitar pukul 21.00 WIB tadi dihadiri langsung oleh seluruh fraksi DPR RI, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta perwakilan DPD RI.

"Saya meminta persetujuan kepada seluruh anggota dan pemerintah apakah RUU tentangan Cipta Kerja bisa kita setujui untuk diteruskan pengamiblkan keputusannya di tingkat selanjutnya?" tanya Supratman.

"Setuju," jawab seluruh peserta rapat sembari bertepuk tangan.

DPR telah menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk memutuskan jadwal dan agenda rapat paripurna hari ini. Hasil rapat Bamus memutuskan pengesahan RUU Cipta Kerja akan dilaksanakan dalam rapat paripurna hari ini.

"Ya (pengesahan RUU Cipta Kerja di rapat paripurna hari ini)," kata Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Achmad Baidowi saat dikonfirmasi, Senin (5/10).

(azr/ibh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT