Ada Staf Positif COVID-19, Kelurahan Tanah Tinggi Jakpus Tutup 3 Hari

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 22:58 WIB
Mural melawan penyebaran virus Corona hiasi kawasan Setu, Cilangkap, Jaktim. Mural itu dibuat untuk dukung perjuangan para petugas di garda depan lawan COVID-19
Ilustrasi / Mural kampanye taat protokol kesehtan di Jakarta Timur (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kantor Kelurahan Tanah Tinggi di Jakarta Pusat (Jakpus) tutup selama tiga hari. Langkah ini diambil karena ada salah satu pegawai terkonfirmasi positif COVID-19.

"Iya (Kantor Kelurahan Tanah Tinggi) ditutup dari kemarin (29/9). Satu pegawai yaitu staf ASN dari bidang pemerintahan, laki-laki, positif COVID-19," kata Sekretaris Kecamatan Johar Baru Fachrudin saat dihubungi, Rabu (30/9/2020) seperti dilansir Antara.

Fachrudin mengatakan aparatur sipil negara (ASN) yang terkonfirmasi positif sedang menjalani perawatan di fasilitas khusus penanganan COVID-19 di RSUD Cempaka Putih, Jakpus.

"ASN yang positif itu saat ini di RSUD Cempaka Putih, karena memang memiliki komorbid (penyakit bawaan) juga, jadi dirawat intensif. Puskesmas Johar Baru juga langsung melakukan penelusuran (tracing) terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan," ujar Fachrudin.

Fachrudin mengatakan meski Kantor Kelurahan Tanah Tinggi telah ditutup 2 hari, namun pelayanan untuk masyarakat tetap berjalan dengan sistem drop box.

Masyarakat yang hendak mengurus surat-surat administrasi seperti pembuatan e-KTP hingga membuat perizinan dapat menaruh berkas-berkasnya di dalam sebuah kotak yang ditaruh di depan kantor kelurahan.

Sistem drop box ini memang sering digunakan pada saat kantor-kantor pemerintahan khususnya di tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan harus ditutup akibat temuan kasus COVID-19 selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kami pastikan layanan PTSP Kelurahan Tanah Tinggi tetap berjalan dengan sistem drop box, lalu ada juga yang sebagian layanannya dialihkan ke Kelurahan Johar Baru. Nah selama penutupan itu proses disinfeksi tetap kita kerjakan," ujar Fachrudin.

Kantor Kelurahan Tanah Tinggi pun akan kembali beroperasi pada Jumat (2/10).

Di Jakpus sudah lebih dari 10 kantor pemerintahan yang ditutup selama tiga hari akibat temuan kasus COVID-19. Pada September 2020, beberapa kantor pemerintahan ditutup sementara akibat COVID-19 di antaranya Blok G Balai Kota Jakarta, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kantor Kecamatan Gambir, Kantor Kelurahan Petojo Selatan, dan yang terbaru adalah Kantor Kelurahan Tanah Tinggi.

(jbr/jbr)