Round-Up

Saran Dewan soal Rencana Ingub Pengungsian Banjir Jakarta Saat Pandemi

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 22:07 WIB
Gedung DPRD DKI Jakarta
Gedung DPRD DKI (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta tengah menyusun instruksi gubernur (ingub) untuk menyiapkan lokasi pengungsian banjir menjadi dua kali lipat. Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta sumbang saran.

Kapusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta M Insaf mengungkapkan tempat pengungsian ditambah menjadi dua kali lipat itu untuk mencegah penularan virus Corona (COVID-19).

"Penanganan musibah banjir perlu siasat berbeda. Karena di tempat pengungsian sangat berpotensi terjadi penyebaran penyakit, sehingga protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 juga akan diterapkan di tempat pengungsian," kata Insaf.

Insaf menerangkan, warga nantinya akan diminta menjaga jarak ketika berada di pengungsian. Selain itu, kata dia, pengungsi akan diminta selalu menggunakan masker ketika berada di pengungsian.

Atas rencana itu, beberapa anggota Dewan memberikan evaluasi kepada Pemprov DKI Jakarta. Mereka menekankan agar protokol kesehatan diprioritaskan agar tidak melahirkan klaster baru di lokasi pengungsian.

Berikut ini catatan Dewan soal Rencana Ingub pengungsian banjir Jakarta saat pandemi:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3