Dorong Paslon Ikut Tekan Kasus Corona, Polda NTB Buat Lomba Kampanye Sehat

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 21:44 WIB
Polda NTB menggelar lomba Kampanye Sehat Pilkada Serentak 2020
Foto: Polda NTB menggelar lomba Kampanye Sehat Pilkada Serentak 2020 (dok. istimewa)

Parameter lain yang dinilai ialah ketersediaan Satgas Penanganan COVID-19 dalam tim pemenangan, efektivitas kampanye kreatif, dan seberapa signifikan kampanye kreatif itu menghindari kerumunan massa.

"Bentuknya bebas. Silakan, apa saja, asal tidak melanggar protokol dan ketentuan hukum yang berlaku. Mau secara daring. Mau dengan model pemberian flyer visi-misi secara massif. Atau membuat rubrik tanya-jawab interaktif di media-media," tutur Iqbal.

Iqbal menjelaskan saat ini rata-rata tambahan kasus harian Corona di NTB berkisar kurang dari 30-an kasus. Rumah sakit dan puskesmas, lanjutnya, belum dipenuhi pasien dengan keluhan COVID-19 atau pasien positif COVID-19.

Dia mengatakan, kecuali Dompu, seluruh wilayah di NTB sudah masuk zona oranye dan hijau. Dompu masih zona merah akibat munculnya klaster posyandu.

Polda NTB menggelar lomba Kampanye Sehat Pilkada Serentak 2020Foto: Polda NTB menggelar lomba Kampanye Sehat Pilkada Serentak 2020 (dok. istimewa)

"Karena situasi penyebaran Corona di NTB terkendali, maka kami tidak ingin agenda kampanye dalam rangka pilkada ini malah mengubah situasi menjadi tak kondusif. Paslon harus terus diingatkan, terus diajak bersama-sama, satu suara, satu sikap mencegah penyebaran COVID-19. Saya tak ingin tahapan pilkada di NTB malah menambah jumlah kasus positif," tegas Iqbal.

Iqbal kemudian menyampaikan NTB juga tercatat sebagai provinsi pertama yang mempunyai perda tentang penanggulangan penyakit menular. Hal ini disebut dia sebagai bukti sinergitas antarlembaga yang satu visi menanggulangi COVID-19.

"Kami tak ingin capaian dari kerja keras berbulan-bulan seperti itu buyar semua gara-gara pemilukada. Makanya, kami total dalam meminta komitmen semua pihak, terutama paslon. Hukum tertinggi adalah keselamatan rakyat. Jangan dikorbankan karena ambisi kekuasaan. Lewat berbagai upaya termasuk menginisiasi program ini, kami akan total mengamankan masyarakat dari pandemi," tandas Iqbal.

Halaman

(aud/jbr)