Kisah Napi Kabur dari Penjara

Bukan Lewat Lubang, Ini Cerita 2 Napi Nusakambangan Kabur Panjat Pagar

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 15:24 WIB
Lapas Batu Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Lapas Batu Nusakambangan (Arbi Anugrah/detikcom)
Jakarta -

Napi bandar narkoba Cai Cangpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang lewat lubang yang sudah dibuatnya. Namun, cara menerobos lubang ini tak berlaku bagi dua napi di Lapas Nusakambangan yang kabur dengan memanjat pagar.

Berdasarkan catatan detikcom pada 2017, dua tahanan kasus narkoba ini kabur dari Lapas Nusakambangan. Mereka adalah Sarjani Abdullah (39), yang divonis penjara seumur hidup, dan M Husein (44), yang divonis 5 tahun penjara.

Keduanya kabur pada Sabtu (21/1/2017) lalu dengan cara memanjat Pos 3 Lapas Nusakambangan. Kemudian melewati tembok setinggi 5 meter. Mereka kemudian berhasil melewati pagar kawat berduri setinggi 6 meter.

Aksi mereka ini dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB saat Lapas tampak sepi.

Petugas pun melakukan pengejaran. Namun, Sarjani dan Husein sempat beberapa kali lolos dari sergapan aparat setelah tempat persembunyiannya diketahui.

"Ya terus kita lakukan pengejaran, mereka belum keluar dari Pulau Nusakambangan. Beberapa kali petugas menemukan mereka, cuma kemudian kabur lagi, macam hit and run," kata Abdul Haris saat dihubungi detikcom, Minggu (29/1/2017).

Tim gabungan akhirnya berhasil menangkap keduanya. Sarjani ditangkap ketika bersembunyi di plafon Masjid Candi di dekat LP Batu tempat ia selama ini dibui, pada 30 Januari 2017.

Sementara M Husein ditangkap ketika membeli rokok. "Husein ditangkap pukul 04.45 WIB dini hari tadi saat hendak membeli rokok," ujar Kalapas Batu Abdul Haris kepada detikcom, Rabu (1/2/2017).

Haris mengatakan Husein ditangkap di dekat lapangan tenis kompleks LP Batu. "Di bawah LP Batu itu ada lapangan tenis. Ya dia memang ke situ, bolak-balik saja di situ," imbuhnya.

Tak seperti kedua napi ini, Cai Cangphan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang dengan cara menggali lubang di dalam kamar sel pada Senin 14 September 2020. Lubang tersebut terhubung ke bagian luar Lapas.

Tonton juga 'Detik-detik WN China Kabur dari Lapas Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2