Petualangan Politik Singkat Saefullah Warnai Kiprah Mentereng di DKI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 15:32 WIB
Sekretaris Daerah DKI Saefullah
Sekda DKI Saefullah (Indra Komara/detikcom)
Jakarta -

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah telah meninggal dunia karena COVID-19. Semasa hidup, birokrat Betawi ini sempat sejenak menjajal politik praktis.

Dikutip detikcom dari buku Mukti Ali Qusyairi bertajuk 'Jalinan Keislaman, Keumatan, & Kebangsaan: Ulama Bertutur tentang Jokowi', Saefullah dulu dikenal sebagai birokrat yang mendukung Fauzi Bowo (Foke), cagub petahana dalam Pilgub DKI Jakarta 2012.

Foke-Nahrowi Ramli kalah di Pilgub DKI 2012, yang menang adalah Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Saefullah yang merupakan Wali Kota Jakarta Pusat kemudian mengikuti lelang jabatan atau seleksi terbuka yang dilakukan Gubernur Jokowi.

Ternyata Jokowi memilih Saefullah sebagai Sekda DKI meski Saefullah sempat mendukung Foke di Pilgub DKI Jakarta 2012. Jokowi memilih Saefullah menjadi Sekda DKI karena melihat potensi Saefullah yang berhasil menyelesaikan masalah di Pasar Tanah Abang.

Sebagaimana diberitakan detikcom, 11 Juli 2014, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melantik Saefullah sebagai Sekda DKI. Itulah pertama kalinya Ahok selaku Plt Gubernur melantik pejabat, setelah Jokowi naik menjadi Presiden RI.

"Dengan memanjatkan puji syukur pada hari ini, Jumat 11 Juli 2014, saya Pelaksana Tugas Gubernur atas nama Presiden RI dengan ini resmi melantik Saefullah sebagai Sekda DKI. Saya percaya Saudara akan bisa melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang diberikan," kata Ahok saat itu.

Ahok mengungkapkan, sebenarnya Saefullah bukanlah peserta lelang jabatan yang lulus dengan nilai tertinggi. Nilainya masih kalah tinggi ketimbang Sylviana Murni dan Wiriyatmoko. Namun Saefullah tetap dipilih lantaran usianya paling muda, yakni 50 tahun pada 2014. Maka dilantiklah Saefullah menjadi Sekda DKI.

Pesan Sekda Saefullah ke Anies: Pak Gub, Saya Mohon Izin Pamit:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2