Saefullah Sempat Hadiri Paripurna DPRD DKI 7 September, Pulang karena Sakit

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 15:05 WIB
Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melantik Saefullah menjadi Sekretaris Daerah DKI Jakarta di Balai Agung, Jakarta, Jumat (11/7/2014). Setelah itu diadakan penandatanganan SK pelantikan dan serah terima jabatan dari pejabat sebelumnya yakni Plt Sekda Witiyatmoko.
Sekda DKI Saefullah / Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sekda DKI, Saefullah, meninggal dunia usai dinyatakan positif Corona. Saefullah diketahui sempat menghadiri rapat paripurna DPRD DKI pekan lalu.

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza), mengatakan Saefullah merasa tak enak badan sejak Jumat (4/9). Usai istirahat di rumah, Saefullah ingin menghadiri rapat paripurna DPRD DKI pada Senin (7/9).

"Jadi beliau ketika paripurna Minggu lalu, sebetulnya sejak Jumat nggak enak badan. Jumat, Sabtu, Minggu (istirahat di rumah) tapi ada paripurna Senin. Karena tanggung jawab, beliau merasa harus hadir," kata Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020).

Sidang Paripurna kala itu mengenai Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) DKI 2019. Gubernur DKI, Anies Baswedan, sebenarnya sudah meminta Saefullah tak perlu hadir.

Pada akhirnya, Saefullah tetap menghadiri paripurna DPRD DKI. Namun di tengah sidang, dia pulang karena sakit.

"Sebetulnya pak gubernur sudah mengingatkan tidak perlu hadir. Beliau (Saefullah) ketika itu hadir, tapi di perjalanan persidangan tidak enak badan, kembali istirahat," ungkapya.

Momen Saefullah hadir paripurna itu juga sempat diungkap oleh Wakil Ketua DPRD DKI, M Taufik. Dia terakhir kali bertemu Saefullah saat paripurna tersebut.

"Senin lalu sih pas paripurna pertengahan, Sekda keluar (ruang rapat) dan tidak kembali," ucap M Taufik pada Senin (14/9).

Sebelumnya diberitakan, Saefullah meninggal dunia hari ini pukul 12.55 WIB. Dia dinyatakan positif Corona dan dirawat di RSPAD sebelum meninggal.

(imk/bar)