Manuver-manuver Ahok Bongkar Bobrok: Dari UPS hingga Pertamina

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 10:57 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Ahok (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Ahok bikin ramai lagi. Bila dulu dia membongkar bobrok dari Balai Kota Jakarta, kini dia melancarkan manuvernya dari kantor pusat Pertamina. Ini manuver-manuver monumental Ahok dalam membongkar sistem yang bobrok dan berborok.

Manuver-manuver pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini dikumpulkan dari catatan pemberitaan detikcom hingga Selasa (16/9/2020).

1. Bongkar anggaran UPS

Saat menjadi Gubernur Jakarta, Ahok pernah mengungkap anggaran uninterruptible power supply (UPS) yang membuat sejumlah anggota DPRD DKI diperiksa penegak hukum. Mulanya, Ahok ke KPK melaporkan adanya dana Rp 4,3 triliun yang tidak dieksekusi untuk pengadaan UPS. Polisi juga menyelidiki isu ini.

Anggaran UPS masuk ke APBD Perubahan 2014. Belakangan diketahui, nilainya Rp 12,1 triliun.

Langkah Ahok membongkar anggaran Jakarta mengakibatkan perseteruan terbuka antara Ahok dan DPRD DKI. Ahok sudah beraksi menulis di berkas anggaran ke DPRD berbunyi 'Anggaran Nenek Lu' atau 'Pemahaman Nenek Lu' sebagai langkah protes.

Rentang 28 Januari sampai 12 Maret 2015, tim penyidik Polda Metro Jaya sudah memeriksa 35 saksi kasus pengadaan UPS. Tak lama kemudian, Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana (Lulung) menjadi perbincangan banyak orang lantaran salah menyebut 'UPS' sebagai 'USB'.

Perkembangan terakhir soal kasus korupsi UPS ini, diberitakan detikcom pada 24 Juni lalu. Eks Kepala Suku Dinas Jakarta Pusat Zaenal Soleman divonis 8 tahun penjara usai Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi Zaenal.

Simak juga video 'Ahok: Siapapun Korupsi di Pertamina, Kami Lacak Anda!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4