Manuver-manuver Ahok Bongkar Bobrok: Dari UPS hingga Pertamina

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 10:57 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Ahok (Rifkianto Nugroho/detikcom)

4. Bongkar Kalijodo

"Nggak ada toleransi! Lebih banyak mudarat daripada manfaat itu," kata Ahok, 9 Februari 2016. Kawasan yang terkenal karena prostitusinya, Kalijodo, Jakarta Utara-Jakarta Barat, kemudian dibongkar.

Surat Peringatan (SP) diberikan ke bangunan-bangunan yang bakal dibongkar. Terakhir, Surat Perintah Bongkar (SPB) diterbitkan. Menurut Ahok, bangunan-bangunan di Kalijodo tidak punya Sertifikat Hak Milik (SHM).

Pada 29 Februari, lokasi hiburan malam di sekujur Kalijodo diratakan dengan tanah. Tak hanya Satpol PP, Kepolisian hingga TNI juga digandeng untuk menangani perlawanan, termasuk perlawanan dari preman.

Sebanyak 9 unit backhoe dikerahkan meratakan Kalijodo di pinggiran Kali Angke ini. Lokasi ini dibangun ruang terbuka hijau, termasuk skatepark.

5. Bongkar informasi Pertamina

Ahok kemudian menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Dia menjalankan tugasnya, menjamin transparansi bisnis di BUMN migas itu. Dia membongkar sistem informasi supaya lebih transparan.

Ahok lewat akun resmi Twitter-nya, @basuki_btp, membeberkan sejumlah cara untuk membuat BUMN yang berdiri pada Agustus 1968 ini lebih transparan.

"Mulai hari ini, akses Informasi operasional PT Pertamina (Persero) terkait pengadaan Crude, LPG dan BBM termasuk status kapal charter sudah dapat diakses melalui website resmi perseroan di www.pertamina.com," tutur dia dalam unggahannya, Rabu (12/2).

Laporan pengadaan kapal angkut kegiatan ekspor dan impor produk migas dapat dibuka di pertamina.com/id/informasi-kapal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4