Polisi Jadwalkan Pemeriksaan Lanjutan Hadi Pranoto Pekan Depan

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 13:09 WIB
Pemeriksaan Hadi Pranoto kembali ditunda
Hadi Pranoto (kiri) dan pengacara di Polda Metro (Matius Alfons/detkcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menjadwalkan kembali pemeriksaan lanjutan kepada Hadi Pranoto terkait kasus hoax 'obat Corona'. Rencananya, Hadi Pranoto akan diperiksa kembali pada pekan depan.

Sejatinya, Hadi Pranoto telah memenuhi panggilan kepolisian pada Senin (7/9) lalu. Namun, di tengah pemeriksaan Hadi Pranoto merasa sakit dan minta pemeriksaan dihentikan sementara.

"Kemarin sudah kita lakukan pemeriksaan kepada saudara HP, tapi sekitar pukul 19.00 WIB yang bersangkutan mengeluh sakit lagi dan diminta untuk diundur pemeriksaannya. Karena memang pemeriksaannya kepada saudara HP sudah kita mulai sejak pukul 13.30 siang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Yusri mengatakan saat ini polisi masih terus melakukan koordinasi dengan pihak pengacara Hadi Pranoto terkait pemeriksaan lanjutan tersebut. Dia berharap, pekan depan Hadi Pranoto bisa menyelesaikan pemeriksaan tersebut hingga tuntas.

"Ini masih kita koordinasikan dengan pengacaranya lagi untuk bisa dilakukan pemeriksaan kembali. Mudah-mudahan minggu depan yang bersangkutan bisa koperatif untuk kita lakukan pemeriksaan," jelas Yusri.

Terkait kemungkinan dilakukan pemeriksaan tambahan kepada Anji, menurut Yusri hal tersebut masih menunggu hasil pemeriksaan kepada Hadi Pranoto. Dia menyebutkan kini pihaknya masih berfokus menyelesaikan pemeriksaan kepada saksi terlapor Hadi Pranoto.

"Apakah akan ada pemeriksaan lanjutan lagi (ke Anji)? Nanti melihat hasil pemeriksaan yang lain apakah harus melakukan pemeriksaan tambahan kepada saudara A. Yang paling utama kita akan melihat gimana hasil pemeriksaan dari saudara HP dulu," ujar Yusri.

Seperti diketahui, Hadi Pranoto sudah dua kali mangkir dari panggilan polisi. Setelah polisi mengultimatum akan menjemput paksa, Hadi Pranoto akhirnya memenuhi pemeriksaan pada Selasa (8/9) kemarin.

Pengacara Hadi Pranoto, Tonin Singarimbun, mengatakan pemeriksaan kliennya berjalan lancar. Hadi Pranoto, kata pengacara, menjawab total 48 pertanyaan penyidik dengan baik.

"Kalau jumlah pertanyaan itu 48. Tapi kalau isinya nggak boleh dibuka dulu kan. Intinya tidak ada perdebatan antara penyidik dan Mas Hadi. Oke-oke semua, bisa dijawab dengan lancar," ujar kuasa hukum Hadi Pranoto, Tonin Singarimbun, kepada wartawan, Selasa (8/9).

(mea/mea)