ADVERTISEMENT

Timeline PSBB Jakarta hingga Tarik Rem Darurat

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 09:55 WIB
Petugas dari kecamatan Cilandak membawa peti mati di jalan Fatmawati, Jakarta, Jumat (28/8/2020). Kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan bahaya Covid-19 yang dapat menyebabkan kematian. Kampanye unik ini juga diikuti oleh TNI, Polri dan dinas terkait di lingkungan Pemprov DKI.
Gambar ilustrasi kampanye bahaya COVID-19 di Jakarta. (Ari Saputra/detikcom)

2-16 Juli: PSBB transisi fase I perpanjangan pertama

PSBB transisi fase I belum berakhir. PSBB transisi ini diperpanjang 14 hari karena wabah virus Corona belum hilang. Indikator yang dipakai adalah unsur epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan fasilitas kesehatan.

Tingkat reproduksi kasus masih di angka 1, belum turun ke angka aman, yakni kurang dari 1. Ini sama saja dengan bulan sebelumnya.

Anies menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 647 Tahun 2020 mengenai PSBB transisi ini. Dalam Kepgub itu ditegaskan, bila kasus baru melonjak, PSBB transisi akan dihentikan.

16-30 Juli: PSBB transisi fase I perpanjangan kedua

PSBB transisi fase I diperpanjang lagi untuk kedua kalinya. Perpanjangan berdurasi dua pekan. DKI belum beranjak dari PSBB transisi fase I karena positivity rate naik menjadi 5,9%, dan tingkat keterisian ranjang di rumah sakit (bed occupancy) 54%.

Angka reproduksi COVID-19 atau reproduksi efektif (Rt) naik menjadi 1,15 per 12 Juli. Intinya, Jakarta belum aman.

30 Juli-14 Agustus: PSBB transisi fase I perpanjangan ketiga

PSBB transisi fase I diperpanjang lagi untuk ketiga kalinya. Ini merupakan hasil saran para epidemiolog yang menilai COVID-19 di Jakarta semakin buruk.

14-27 Agustus: PSBB transisi fase I perpanjangan keempat

PSBB transisi fase I diperpanjang lagi untuk keempat kalinya. Alasannya, kondisi wabah COVID-19 di Jakarta masih buruk.

Pada 13 Agustus, tercatat ada 27.863 kasus COVID-19 di Jakarta. Positivity rate sepekan di Jakarta sebesar 8,7% dengan akumulasi 5,7%. Angka ini masih berada di atas ambang aman WHO, yakni 5%.

27 Agustus-10 September: PSBB transisi fase I perpanjangan kelima

Lagi-lagi, PSBB transisi fase I diperpanjang. Jakarta belum pernah memasuki PSBB transisi fase II.

Pada saat itu, Jakarta beberapa kali pecah rekor kasus harian. Pada 27 Agustus, total sudah ada 36.462 kasus positif COVID-19. Positivity rate di Jakarta sebesar 6,1 persen. Angka ini di atas standar aman WHO yakni 5%.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT