Anies Siapkan Detail Aturan Jakarta Kembali PSBB Ketat

ADVERTISEMENT

Anies Siapkan Detail Aturan Jakarta Kembali PSBB Ketat

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 20:39 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan (Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta memastikan warga Ibu Kota bakal menjalani PSBB ketat seperti masa awal pandemi Corona. Anies sedang menyiapkan detail aturan Jakarta kembali menjalani PSBB ketat.

"Detailnya kita akan sampaikan di hari-hari ke depan, tapi secara garis besar pada prinsipnya perlu kami sampaikan awal sebagai ancang-ancang kepada seluruh masyarakat bahwa kita akan menuju PSBB," tegas Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2020).

Dalam konferensi pers tadi, Anies belum menyebutkan kapan pastinya PSBB ketat kembali berlaku di Jakarta. Anies hanya menyebutkan bahwa pada 14 September mendatang kegiatan perkantoran non-esensial ditiadakan.

"Ada fase, ada proses supaya kita bisa menyiapkan ini agar berjalan dengan baik dan kami sampaikan malam ini sebagai ancang-ancang supaya kita semua bisa mengantisipasi," kata Anies.

Anies Baswedan memutuskan menarik rem darurat di Ibu Kota terkait penularan Corona. PSBB bakal berlaku seperti saat pertama kali diterapkan.

"Maka, dengan melihat kedaruratan ini, maka tidak ada banyak pilihan bagi Jakarta kecuali menarik rem darurat sesegera mungkin," kata Anies.

Dalam rapat gugas percepatan pengendalian COVID-19 di Jakarta sore tadi, Anies menyimpulkan Jakarta akan menarik rem darurat. Anies mengacu kepada tiga data ini.

Pemprov DKI Jakarta kembali terapkan PSBB seperti awal pandemiFoto: Pemprov DKI Jakarta kembali terapkan PSBB seperti awal pandemi (dok Pemprov DKI Jakarta)

"Dari 3 data ini, angka kematian, keterpakaian tempat tidur isolasi, keterpakaian ICU khusus COVID, menunjukkan bahwa situasi wabah di Jakarta ada dalam kondisi darurat," ujar Anies.

Anies mengatakan tengah terjadi tren kenaikan kasus COVID-19 di Jakarta. Dia mengatakan saat ini ketersediaan tempat tidur isolasi sebanyak 4.800-an bisa penuh jika kondisi tidak berubah.

Tonton di sini, video pernyataan Anies bahwa DKI akan kembali ke PSBB seperti awal pandemi.

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT