Round-Up

Anji Merasa Diperalat, Hadi Pranoto Klaim Harusnya Tak Terjerat

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 06:57 WIB
Hadi Pranoto dan Anji
Foto: Instagram @duniamanji

Menanggapi hal ini, pengacara Anji, Milano Lubis, mengatakan Hadi Pranoto justru telah membangun kredibilitas palsu sebagai profesor penemu 'obat Corona'.

"Hadi pranoto sudah membangun kredibilitas palsu sebagai profesor yang menemukan obat COVID-19. Kredibilitas palsu itu sudah disebarkan oleh Hadi Pranoto melalui media cetak dan elektronik di Lampung," ujar Milano Lubis dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (9/9/2020).

Milano lantas menjelaskan tujuan Anji mewawancarai Hadi Pranoto saat itu. Menurutnya, Anji memiliki perhatian akan kesembuhan dan keselamatan masyarakat Indonesia dari pandemi COVID-19.


Milano mencontohkan kasus hoax pengeroyokan Ratna Sarumpaet. Prabowo--yang saat itu merupakan calon presiden--dan Amien Rais sempat bersuara soal kasus 'pengeroyokan' Ratna Sarumpaet yang ternyata adalah hoax.

"Contoh kasus sebagai bahan perbandingan: Prabowo dan Amien Rais tidak dijadikan tersangka dalam kasus kebohongan Ratna Sarumpaet, karena dalam pertimbangan hukum putusan pengadilan dinyatakan bahwa Prabowo dan Amien Rais adalah korban karena telah dipengaruhi/terpengaruh oleh informasi bohong dari Ratna Sarumpaet untuk menyebarkan peristiwa penganiayaannya," papar Milano.

Menurut teori hukum, lanjut Milano, kesesatan fakta tidak dapat dipidana.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3